nusabali

Dua 'Jurus' NasDem untuk Rai Mantra

  • www.nusabali.com-dua-jurus-nasdem-untuk-rai-mantra

Sementara soal Calon Wakil Gubernur yang akan dipaketkan dengan Rai Mantra, NasDem Bali menyerahkan kepada Rai Mantra sendiri.

DENPASAR, NusaBali

Upaya Partai NasDem menggolkan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra untuk menjadi Gubernur Bali melalui Pilgub Bali 2018 dengan berbagai cara. NasDem memainkan ‘dua mata pedang’ alias dua jalur untuk mendapatkan kendaraan politik bagi Walikota Denpasar tersebut. Selain gencar mengumpulkan KTP di seluruh Bali melalui kader dan Sahabat Rai Mantra, NasDem tetap intensifkan komunikasi dengan partai politik untuk berkoalisi.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Bidang Pendidikan Politik DPW NasDem Provinsi Bali, Anak Agung Ngurah Gde Widiada di sela-sela Launching Website nasdemdenpasar.or.id dan Workshop Media Sosial di Kantor DPD NasDem Denpasar, Jalan Merdeka Denpasar, Sabtu (3/6) siang.

Widiada menyebutkan NasDem yang sudah pasti mengusung Rai Mantra bergerak mengumpulkan dukungan KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk memenuhi syarat Cagub dari jalur perseorangan. Rai Mantra membutuhkan 250.094 dukungan KTP. “Tetapi NasDem juga berkomunikasi dengan partai politik yang punya kursi di DPRD Bali,” ujar Widiada didampingi Ketua DPD NasDem Denpasar, Dewa Nyoman Budiasa.

Mantan Wakil Ketua DPRD Denpasar ini menambahkan kalau NasDem mau mengusung Pak Rai Mantra melalui partai politik masih butuh 9 kursi lagi untuk bisa memenuhi 11 kursi (20 persen) dari 55 kursi DPRD Bali hasil Pileg 2014, seperti yang disyaratkan dalam Undang-Undang Pilkada.

“Karena NasDem baru memiliki 2 kursi. Pilgub Bali masih 2018, mungkin NasDem baru 2 kursi. Kalau komunikasi nanti terus berjalan, untuk memenuhi syarat 11 kursi pada Pilgub 2018, hal itu bisa saja terjadi. Bukan hal mustahil,” kata Widiada. Sementara Ketua DPD NasDem Denpasar, Dewa Budiasa secara terpisah mengatakan Rai Mantra memiliki segudang prestasi ketika memimpin Kota Denpasar. Segudang penghargaan dan prestasi diraih Rai Mantra. Sehingga NasDem berinisiatif mengambil sikap mengusung Rai Mantra di Pilgub Bali 2018.

Sementara soal Calon Wakil Gubernur yang akan dipaketkan dengan Rai Mantra diserahkan kepada Rai Mantra sendiri. Hal itu diungkapkan secara terpisah oleh Ketua DPW Partai NasDem Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa, kemarin. Oka Gunastawa mengatakan untuk Calon Wakil Gubernur yang akan ditandemkan buat Rai Mantra banyak kandidat yang layak.

“Kami serahkan kepada beliau (Rai Mantra),” ujar Gus Oka. Sebelumnya dalam pidato politiknya di Rapat Pleno Pemenangan Pilgub Bali 2018 di Denpasar, Kamis (1/6) Gus Oka mengatakan pengumpulan KTP untuk Rai Mantra, NasDem mengerahkan para kader, para DPRD Kabupaten dan Kota/ DPRD Bali. Per desa ditarget 1.000 KTP. “Kalau ada 716 desa di Bali untuk mengumpulkan 500 ribu sampai 700 ribu KTP bukanlah hal yang tidak mungkin,” kata politisi asal Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem ini. *nat  

Komentar