nusabali

Porsenijar Badung Pertandingkan 31 Cabor dan 18 Bidang Seni

  • www.nusabali.com-porsenijar-badung-pertandingkan-31-cabor-dan-18-bidang-seni

MANGUPURA, NusaBali
Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kabupaten Badung Tahun 2023 resmi dibuka oleh Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Lapangan Puspem Badung, Senin (6/3).

Sebanyak 31 cabang olahraga (cabor) dan 18 bidang seni yang dipertandinkan. Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Badung I Gusti Made Dwipayana, menjelaskan Porsenijar tahun ini mengangkat tema ‘Melalui Porsenijar Badung 2023, Kita Wujudkan Badung Tangguh Berprestasi Bagasena Abinawa’. Menurutnya, Porsenijar merupakan upaya menumbuhkan, meningkatkan, dan memberdayakan kesiapan para pelajar sekaligus untuk mengevaluasi penguasaan teknik, taktik dan strategi masing-masing sekolah terhadap bidang olahraga maupun seni. Melalui kegiatan diharapkan bisa memberi kontribusi positif bagi bekal hidupnya dan pembangunan di bidang pendidikan.

“Porsenijar Badung mempertandingkan 31 cabor dan 18 bidang seni yang dilombakan. Porsenijar berlangsung 6-12 Maret 2023 yang diikuti SD di semua kecamatan, SMP dan SMA/SMK di Badung,” jelas Dwipayana.

Mantan Kabag Pengadaan Barang/Jasa Setda Badung ini melanjutkan, Porsenijar tingkat kabupaten ini juga akan menjadi bahan evaluasi untuk diterjunkan pada event Porsenijar Provinsi Bali yang rencananya digelar 25-30 Juni 2023 di Denpasar.

Sementara, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa pada kesempatan tersebut menekankan pentingnya bahwa pola pembinaan kepada para pelajar, termasuk menilai pentingnya tersedianya sarana prasarana demi menunjang pembinaan. “Komitmen bersama dalam pembangunan olahraga dan seni akan mampu melahirkan atlet dan artis yang berprestasi,” katanya.

“Satu hal yang perlu dipahami para peserta bahwa Porsenijar ini adalah proses pembelajaran untuk mengetahui dan mengukur penguasaan teknik, taktik, strategi maupun stamina, dengan harapan nanti akan terpilih atlet dan artis potensial yang mampu membawa nama baik daerah pada event olahraga dan seni di tingkat yang lebih tinggi,” tegas birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini.

Adi Arnawa menambahkan, penyelenggaraan Porsenijar dapat bermanfaat dalam upaya mengembangkan pembinaan olahraga dan seni di Badung. Dia berharap para atlet dan artis agar mentaati segala peraturan/keputusan yang telah ditetapkan dan disepakati bersama dengan mengedepankan sikap sportivitas dan filosofi menyama braya. “Untuk panitia dan semua yang terlibat dalam pelaksanaan Porsenijar ini hendaklah tetap memegang komitmen untuk bersama-sama, yakni menjaga ketertiban dan keamanan,” imbaunya. *ind

Komentar