nusabali

Minim, Wisman ke Bali via Pelabuhan

  • www.nusabali.com-minim-wisman-ke-bali-via-pelabuhan

DENPASAR,NusaBali
Kunjungan wisatawan manca negara ke Bali, melalui pelabuhan pada Januari 2023 tercatat 1.875.

Jumlah tersebut bagian dari keseluruhan wisman yang datang pada Januari terhitung sebanyak 330.037.Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, wisman Australia yang paling banyak melalui pelabuhan yakni 834. Disusul wisman asal Amerika Serikat 480 orang. Wisman asal Singapura  yang jumlahnya terkecil, yakni 10 orang, dari 8 negara.

Kalangan stakeholder  pariwisata Bali, mengiyakan jumlah kunjungan wisman ke Bali, melalui pelabuhan masih sedikit, sehingga perlu ditingkatkan.

“Perlu ada sejumlah langkah untuk mendorong pengembangan wisata cruise,” ujar I Ketut Jaman, akademisi yang juga CEO Bali Melali MICE, Kamis(9/3).

Menurut Jaman, kecilnya jumlah wisman ke Bali melalui pelabuhan karena memang kapal cruise belum banyak masuk ke Indonesia. “Kalau ada cruise, akan singgah Semarang, Bali, Lombok dan Komodo,” ungkap Jaman.

Pemasaran dalam bidang pariwisata cruise, dikatakan Jaman, perlu sinergi antara Kemenparkeraf, Pemprov dan Pemkab/Pemkot maupun industri seperti Asita.

Kedepan kata Jaman, Bali dapat menjadi pusat cruise atau cruise hub di Indonesia, mengingat Pelabuhan Benoa sudah menyiapkan.  *K17

Komentar