nusabali

Disdik Godok PPDB SD-SMP

  • www.nusabali.com-disdik-godok-ppdb-sd-smp

Dinas Pendidikan (Disdik) Klungkung tengah menggodok persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tingkat SD dan SMP. 

SEMARAPURA, NusaBali
Proses PPDB  ini akan menggunakan sistem zonasi per kecamatan. Artinya, siswa asal kecamatan setempat mendapat skala prioritas pada sekolah di kecamatan tersebut.

Data Dinas Pendidikan Klungkung, tahun 2017, 2.955 siswa lulusan SD akan melanjutkan ke jenjang SMP, dan 3.131 siswa lulusan SMP ke SMA/SMK. Pendataftaran dari SMP ke SMA/SMK menjadi kewenangan provinsi.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Disdikpora Klungkung I Ketut Suastana mengatakan, dengan sistem zonasi itu menjadikan penyebaran siswa akan merata di masing-masing sekolah. Bagi dia, status semua sekolah sama, tidak ada yang favorit dan tidak favorit. “Hal ini akan kami sosialisasikan lagi,” ujarnya.

Bagi orangtua siswa, jika ingin menyekolahkan anak di kecamatan kota (Kecamatan Klungkung, Red)  masih bisa dilakukan. Namun kuotanya cukup terbatas, sekitar 5 persen dari jalur prestasi dan kajian tertentu lagi 5 persen, seperti orangtua siswa pindah tugas. “Tetap dipriotaskan sesuai zonasi, walau nilai siswa ada yang tinggi maupun rendah. Itulah tantangan guru untuk mengajar di kelas,” katanya.

Kata Suastana, pendaftaran PPDB selama 4 hari, 20 -24 Juni dengan sistim online. “Hal ini supaya proses lebih transparan,” katanya. *wa

Komentar