nusabali

Golkar Kumpulkan Anggota Fraksi Se–Bali

  • www.nusabali.com-golkar-kumpulkan-anggota-fraksi-se-bali

DPD I Golkar Bali mengumpulkan anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten/Kota dan Provinsi Bali, Minggu (11/6) pagi ini.

Jelang Penetapan Cawagub Sudikerta  

DENPASAR, NusaBali
Anggota fraksi di semua level ini dikumpulkan di Sekretariat DPD I Golkar Bali Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar, untuk konsolidasi dan menyerap aspirasi arus bawah soal kandidat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang akan ditandemkan dengan Cagub I Ketut Sudikerta.

Wakil Ketua DPD I Golkar Bali Bidang Organisasi dan Daerah I Gusti Putu Wijaya, mengatakan, para anggota Fraksi DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, dan DPR RI dipanggil untuk konsolidasi menjelang Pilgub Bali 2018 mendatang. “Seluruh anggota fraksi di semua tingkatan kabupaten/kota, provinsi, dan pusat dari Dapil Bali diundang hadir. Untuk penguatan mesin partai, hajatan politik sudah dekat,” ujar Wijaya, Sabtu (10/6).

Menurut Wijaya, konsolidasi level jajaran fraksi ini juga dihadiri para Ketua DPD II Golkar se-Bali. Wijaya menyebutkan pasca penetapan Cagub Sudikerta, Partai Golkar menggenjot mesin partai. Konsolidasi hari ini akan menjadi ajang penyerapan aspirasi tentang peta politik di Bali. Peluang memenangi Pilkada 2018 dan sekaligus menampung aspirasi, keinginan arus bawah tentang tandem yang tepat buat Sudikerta. “Ini konsolidasi sekaligus mendengar keinginan arus bawah. Ya termasuk soal paket Cagub-Cawagub juga dibahas,” imbuh Wijaya.

Pilkada Gianyar 2018 dan Pilkada Klungkung 2018 apakah menjadi pembahasan? Wijaya menyebut Pilkada serentak 2018 juga menjadi bahan bahasan. “Ketua DPD I Golkar Bali akan memberikan arahan kepada jajaran fraksi menghadapi Pilkada serentak itu. Bukan hanya Pilkada Bali, juga Pilkada Gianyar, Pilkada Klungkung 2018,” tegas politisi senior yang mantan Ketua DPD II Golkar Tabanan, ini.

Golkar Bali, menurut Wijaya, selain menguatkan mesin partai juga sudah komunikasi intens soal koalisi. Wijaya menyebutkan Golkar menyiapkan strategi head to head untuk menghadapi PDIP di Pilgub Bali 2018, Pilkada Gianyar 2018, dan Pilkada Klungkung 2018. “Kalau mau menang harus head to head dengan menggalang koalisi besar,” tandas Wijaya.

Ditegaskan Wijaya koalisi dengan partai sedang penjajakan. “Untuk Pilgub Bali 2018, jajaran partai sedang melakukan pendekatan kepada partai politik untuk mengusung SGB (Sudikerta Gubernur Bali). Untuk koalisi di Pilkada Gianyar 2018 dan Pilkada Klungkung 2018 diserahkan kepada kabupaten untuk berkomunikasi,” tutur Ketua Tim Pemenangan Pilgub Bali Partai Golkar 2018 ini.

Sementara gerakan relawan SGB untuk mendulang basis suara makin dikuatkan oleh Sudikerta. Para relawan bermunculan dengan tujuan pemenangan SGB di Pilkada 2018. Salah satunya menarik suara muslim. Jelang Hari Raya Idul Fitri 2017, Relawan SGB yang tergabung dalam organisasi bengkel motor menggelar layanan gratis Mudik Lebaran pada 17–24 Juni 2017, yang akan dipusatkan di Kabupaten Jembrana.

Relawan ini akan melayani para pemudik selama 24 jam penuh. Menurut Wijaya para relawan berasal dari berbagai komponen. “Relawan dari berbagai organisasi, perkumpulan, itu sifatnya sukarela. Mereka berinisiatif untuk melakukan kegiatan dan mendukung SGB. Dari persatuan bengkel motor, pedagang martabak dengan kemasan ‘mudik bareng’ juga ada,” ucap Wijaya.

Ketua DPD I Golkar Bali I Ketut Sudikerta secara terpisah menyebutkan konsolidasi internal DPD I Golkar Bali dengan mengumpulkan jajaran fraksi-fraksi se Bali akan menghimpun masukan-masukan menghadapi Pilkada serentak. “Bukan hanya soal strategi pemenangan, juga untuk soal peta politik ke depannya,” tegas Sudikerta.

Ketika ditanya soal Cawagub yang akan digodok dalam konsolidasi tersebut, Sudikerta yang kini menjabat Wakil Gubernur Bali ini menegaskan untuk kandidat Cawagub sedang dilakukan survei terhadap beberapa kandidat. “Nama-nama Cawagub sedang disurvei. Kalau nanti muncul aspirasi dalam konsolidasi, kami tampung dan itu dijadikan bahan pertimbangan,” tegas politisi asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, ini. *nat  

Komentar