nusabali

Kalahkan Kanada, AS Juara Concacaf NL

  • www.nusabali.com-kalahkan-kanada-as-juara-concacaf-nl

LAS VEGAS, NusaBali - Timnas Amerika Serikat (AS) meraih trofi juara Concacaf Nations League 2023, usai mengalahkan Timnas Kanada 2-0 dalam partai final di Stadion Allegiant, Las Vegas, Nevada, Senin (19/6) pagi WITA. Kemenangan AS berkat gol Chris Richards dan Folarin Balogun pada babak pertama.

Sukses itu gelar kedua Concacaf Nations League bagi AS setelah pada tahun 2021 mengalahkan Meksiko 3-2 di final. Sedangkan bagi Kanada, menjadi partai final pertamanya.

Pada laga tersebut sebenarnya Kanada lebih menguasai bola 64 persen, sedangkan AS sering memberikan ancaman dengan 15 tendangan, yang tujuh tepat sasaran.

AS mengambil inisiatif menyerang lebih dulu dan memberikan ancaman lewat Walker Zimmerman, meski menyamping dari gawang Kanada. Kanada juga memberikan ancaman dan memanfaatkan skema serangan balik. Diantaranya lewat tendangan Cyle Larin yang mengarah tepat ke kiper AS Matt Turner.

Tim tuan rumah unggul lebih dulu pada menit ke-12 usai sepak pojok Giovanni Reyna dapat ditanduk Chris Richards yang membobol gawang Kanada. Skor berubah 1-0. Pada menit ke-34, AS menggandakan keunggulan 2-0 setelah umpan Reyna sukses jadi gol oleh Folarin Balogun.

Tertinggal dua gol, Kanada berusaha memperkecil ketertinggalan, salah satunya melalui tendangan Stephen Eustáquio namun masih dapat diamankan Turner. Kanada juga meningkatkan intensitas serangan dan kembali memiliki peluang melalui tendangan Larin yang melambung di atas gawang AS.

Skuad asuhan John Herdman terus berusaha untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan, namun hingga pertandingan berakhir skor 2-0 untuk kemenangan AS tetap bertahan. ant

Komentar