nusabali

Ribuan Offroader Ikuti Police Advanture Trail

  • www.nusabali.com-ribuan-offroader-ikuti-police-advanture-trail

Ribuan offroader ramaikan event Police Advanture Trail (PAT) yang diselengarakan Polda Bali bersama warga Desa Pakraman Pinggan, Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Minggu (18/6). 

BANGLI, NusaBali
Event tersebut serangkaian HUT ke-71 Bhayangkara dan penggalian dana pembangunan di Pura Goa pasca bencana alam beberapa waktu lalu. 
 
Ketua PAT AKBP Dekananto Eko Purnomo SIK, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk penggalian dana pembangunan Pura Goa. Kegiatan antara Polda Bali bersama masyarakat ini, mengajak komunitas trail untuk mepunia. 

"Kami mengajak komunital trail diseluruh Bali, serta offroader dari Lombok dan Jawa Timur. Ada beberapa peserta dari wisatawan asing " kata AKBP Dekananto. 

Sekitar 1500 peserta PAT dikenakan biaya pendaftaran Rp 200 ribu per orang. Uang yang terkumpul diserahkan sepenuhnya ke desa. 

Peserta PAT dari jajaran Polda Bali dan masing-masing Polres juga tidak mau kalah unjuk kebolehan menjajal rute yang disiapkan. 

Lebih jauh AKBP Dekananto mengatakan, kegiatan ini secara tidak langsung bentuk pembinaan generasi muda. Agar mereka tidak kebut-kebutan di jalan, tapi adu kemampuan di arena balap. 

"Kami punya selogan, sopan di jalan liar di hutan," ujar Wadir Intelkam Polda Bali ini. 

Menurut Dekananto, kegiatan ini berlangsung berkat dukungan warga Desa Pinggan. Pihaknya sangat mengapresiasi dukungan masyarakat, bahkan sampai ibu-ibu pun ikut turun tangan mempersiapkan acara.

Rute mengelilingi wilayah Desa Pinggan. Sisi utara berbatasan dengan desa-desa wilayah Tejakula, Buleleng.  Sisi barat dengan Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani. Sisi selatan dengan Desa Songam dan sisi barat, desa Belandingan, Kecamatan Kintamani, Bangli. Start dan finish mengambil lokasi tepat di depan Pura Bale Agung, desa pakraman Pinggan.  

 Bendesa Pakraman Pinggan Jro Guru Made Seden mengatakan, sejak 15 hari lalu para warga melakukan persiapan sehingga acara terlaksana dengan lancar. Dengan diadakan event ini, para offroader dari seluruh Bali, bahkan dari luar bisa mengenal Desa Pinggan yang termasuk kawasan geopark. 

Disinggung terkait dana yang terkumpul akan dimanfaatkan warga untuk pembangunan wantilan serta perbaikan di Pura Goa. Diakui pihaknya terbantu dengan adanya kegiatan ini.

Ditambahkan Prebejel Pinggan I Ketut Janji, event seperti ini digelar untuk kedua kalinya.  Maret di gelar acara serupa. Menurutnya, tidak mudah membuat acara seperti ini dalam kurun waktu berdekatan. Namun dukungan moril dan fisik warga sangat besar.  "Tidak ada hambatan yang serius, berkat dukungan warga kami," kata Ketut Janji. 

 Bupati Bangli I Made Gianyar saat membuka acara berharap kegiatan ini menjadi ajang tahunan. Sehingga desa-desa di wilayah Bangli semakin dikenal dan memperkenalkan potensi alam seperti Desa Pinggan. 

"Kami akan rembug bersama para pecinta trail. Bagaimana kedepan acara ini bisa digelar setiap tahunnya," jelasnya. Mengingat medan cocok dimanfaatkan untuk ajang tersebut. *e

Komentar