nusabali

Koperasi Mertanadi Diminta Pacu Asparagus

  • www.nusabali.com-koperasi-mertanadi-diminta-pacu-asparagus

Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, Kabupaten Badung, mendorong Koperasi Tani Mertanadi, Desa Plaga, Kecamatan Petang, untuk mengoptimalkan perannya dalam memacu petani dalam meningkatkan produksi Asparagus.

MANGUPURA, NusaBali
"Peran Koperasi Tani Mertanadi sangat sentral dalam mengembangkan program unggulan Asparagus untuk petani di Badung dengan pendekatan One Village One Product (OVOP)," kata Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Ketut Karpiana, belum lama ini.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Plaga, Kabupaten Badung, pekan lalu, dia mengharapkan, koperasi tersebut dapat mengakomodasi petani dalam kegiatan perekonomian, sehingga meningkatkan kesejahteraan anggota Koperasi di daerah itu.

"Dari tahun ke tahun, Asparagus berkembang pesat, baik lahan maupun penghasilan petani. Dengan luas lahan Asparagus yang mencapai 60 hektare atau 600.000 meter persegi akan dapat terus berkembang hasil produksinya," katanya.

Ia menyebutkan penghasilan petani rata-rata per hari mencapai Rp800 hingga Rp1,5 juta per hari, sehingga penghasilan petani Asparagus yang tergabung dalam Koperasi Tani Mertanadi juga terus mengalami peningkatan.

Menurut dia, setelah kerja sama pelatihan dengan Taiwan, maka petani saat ini sudah bisa menanam Asparagus dengan baik, menyemai sendiri, sedangkan pemerintah membantu bibitnya dengan membeli di Amerika. "Kami berharap perkembangan Asparagus terus meningkat dengan adanya koperasi ini, sehingga ke depan diharapkan petani dapat memenuhi permintaan para buyer," ujarnya. *ant

Komentar