nusabali

Kebakaran di Dealer Honda, Dua Motor dan Puluhan Dus Oli Ludes

Gara-gara Api Las Menyambar Bensin yang Dituang Mekanik

  • www.nusabali.com-kebakaran-di-dealer-honda-dua-motor-dan-puluhan-dus-oli-ludes

DENPASAR, NusaBali - Dealer Honda 99 yang berada di Jalan Hayam Wuruk Nomor 27 A, Desa Sumerta Kauh, Kecamatan Denpasar Timur nyaris ludes terbakar, Kamis (31/8) sekitar pukul 15.45 Wita. Untungnya perisriwa kebakaran tersebut mendapat respons cepat dari pemadam kebakaran BPBD Kota Denpasar.

Dua unit sepeda motor milik konsumen yang berada di bengkel dealer tersebut terbakar. Selain itu puluhan dus oli baru dan plafon pada bagian mekanik terbakar. Kebakaran yang membuat tegang pegawai dan warga sekitar itu diduga terjadi akibat percikan api las disambar bensin. Bahkan salah seorang karyawan I Wayan Ari Arta, 19 sempat disambar api namun berhasil menyelamatkan diri. Korban asal Kapal, Mengwi Badung itu tidak sampai menderita luka bakar.

Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Suakdi dikonfirmasi, Jumat (1/9) mengungkapkan kesimpulan sementara penyebab kejadian itu adalah percikan api las disambar bensin. Dugaan itu sesuai dengan keterangan dari dua saksi kunci dalam peristiwa tersebut yakni Kadek Ari Setianto, 27 dan I Wayan Ari Arta.


Keterangan dari saksi Kadek Ari Setianto kata AKP Sukadi bahwa sebelum kejadian dirinya mengelas rangka motor salah satu konsumen. Tiba-tiba ada api menyala di ruangan tempat menyimpan BBM. Melihat nyala apa pada ruangan itu saksi bersama teman mekanik lainnya melakukan pemadaman pakai Alat Pemadam Apir Ringan (APAR). Sampai lima tabung APAR habis digunakan namun apa tak bisa dipadamkan.

Sementara keterangan dari saksi Wayan Ari Arta kepada polisi mengaku pada saat kejadian dirinya sedang mengisi BBM pada botol kecil untuk digunakan para mekanik. Saksi ini melakukan pengisian BBM karena sudah menjadi protap disana. Pada saat itu di ruangan sebelah sedang dilakukan pengelasan rangka sepeda motor.

"Awalnya Saksi tak sadar sudah ada api di bawah kaki dan merambat sekujur tubuh. Selanjutnya saksi keluar dan minta tolong, sambil berusaha mematikan api yang menyelimuti tubuh. Selanjutnya datang karyawan lain berusaha memadamkan api. Saksi tidak mengalami luka bakar yang parah hanya terasa agak perih di bagian kulit," beber AKP Sukadi.

Untungnya peristiwa kebakaran itu mendapat respons cepat BPBD Kota Denpasar. Sekitar pukul 16.15 Wita dua unit mobil Damkar BPBD Kota Denpasar tiba di lokasi untuk memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.40 Wita. "Berdasarkan keterangan pemilik dealer akibat kejadian tersebut ada dua unit sepeda motor konsumen yang terbakar yaitu Honda Vario 125 CC DK 2303 ABN dan Honda Supra 125 DK 3766 CK. Selain itu 20 dus oli MPX2 motor yang masih baru, dan plafon ruangan mekanik. Total kerugian belum bisa ditaksir," pungkasnya. 7 pol

Komentar