nusabali

Bawaslu Jembrana Temui Kapolres

Segera Genjot Pembentukkan Sentra Gakkumdu Pemilu

  • www.nusabali.com-bawaslu-jembrana-temui-kapolres

NEGARA, NusaBali - Ketua Bawaslu Kabupaten Jembrana, Made Widiastra bertemu Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana di Mapolres, Selasa (12/9). Kunjungan jajaran Bawaslu Jembrana ini terkait dengan koordinasi pembentukan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) berkekuatan Bawaslu, Kepolisian dan unsur Kejaksaan untuk Pemilu 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Bawaslu Jembrana, Widiastra didampingi dua anggotanya, Pande Made Ady Mulyawan dan I Gusti Ngurah Agung Bagus Wirahadi. Widiastra berharap agar situasi keamanan di Jembrana dapat terjaga dalam menghadapi Pemilu 2024 nanti. Widiastra pun yakin dari Polres Jembrana sudah melakukan persiapan pengamanan dan langkah-langkah pencegahan keamanan di Jembrana. "Di sisi lain kami dalam pengawasan, sudah siap melaksanakan kegiatan pengawasan Pemilu 2024. Kami juga memohon dukungan dari Bapak Kapolres dalam pengawasan pemilu, terutama dukungan personil untuk Tim Gakkumdu. Karena dengan adanya pimpinan Bawaslu yang baru, tentu akan ada perubahan struktur Gakkumdu," ujar Widiastra. 

Merespon Bawaslu Jembrana, Kapolres Dewa Juliana mengatakan, dalam menghadapi Pemilu 2024, akan diadakan Operasi Mantap Brata. Menurutnya, saat ini sedang dilaksanakan rapat-rapat untuk persiapan pelaksanaan Operasi Mantap Brata. Sebelum terjadi pelanggaran, Kapolres Dewa Juliana berharap Bawaslu Jembrana juga mengintensifkan upaya-upaya pencegahan. Dalam penanganan pelanggaran Pemilu 2024, diharapkan mencari referensi-referensi agar penanganan masalah lebih mudah. Terutama untuk pengawasan di media sosial. "Untuk pencegahan, juga ada program dari Bapak Kapolri, yakni "Cooling System" yang akan dilakukan oleh Babinkantibmas di tiap desa. Kita harap bisa dilakukan pencegahan-pencegahan," ucapnya.

Sementara terkait pembentukan Tim Sentra Gakkumdu, Kapolres Dewa Juliana memastikan siap memperbantukan anggotanya. Dirinya pun berharap Bawaslu Jembrana bisa segera menjadwalkan pembentukan maupun kegiatan-kegiatan dari Tim Gakkumdu dengan struktur yang baru. "Jika Bawaslu memiliki kegiatan di kecamatan atau desa terkait indeks kerawanan pemilu, mohon diinformasikan, sehingga kami dapat turun ke masyarakat bersama-sama," ucap Kapolres Dewa Juliana. ode

Komentar