nusabali

Brasil Jaga Semangat Juang

  • www.nusabali.com-brasil-jaga-semangat-juang

JAKARTA, NusaBali - Pelatih timnas Brasil U-17 Phelipe Leal menekankan anak asuhnya terus menjaga semangat juang. Dengan begitu, target mempertahankan status sebagai juara bertahan tetap terbuka lebar.

“Ini tim yang memiliki ambisi besar untuk menang dan mentalitas seperti itu membawa lebih dekat dengan pencapaian kecil. Ini sangat penting dalam kompetisi seperti Piala Dunia,” kata Phelipe Leal.

Dalam Grup C, Brasil dan Inggris juga akan bersaing dengan Iran serta Kaledonia Baru untuk lolos ke 16 besar. Iran tercatat lima ikut Piala Dunia U-17, dan Kaledonia Baru dua kali.

Pada laga pertama fase grup, Brasil akan melawan Iran, dan Inggris kontra Kaledonia Baru. Kedua pertandingan tersebut berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (11/11).

Brasil sendiri sudah tiba di Jakarta dan telah meninjau JIS. Phelipe Leal sangat terpukau dengan kesiapan Indonesia dalam menyelenggarakan Piala Dunia U-17 2023. 

“Ini sangat gila. Saya baru pertama kali datang ke Indonesia, awalnya saya tidak sempat mencari tahu di stadion mana kami akan bermain. Saya pikir mereka tidak punya persiapan yang matang untuk jadi tuan rumah. Namun, saya melihat Indonesia punya keseriusan yang kuat,” kata Leal.

Sebagai informasi, JIS memiliki kapasitas 82 ribu kursi penonton. Dengan kapasitas tersebut, JIS menyandang status sebagai stadion terbesar di Indonesia.

Keistimewaan lainnya, JIS didesain layaknya stadion-stadion di Benua Biru, di mana suporter dapat menyaksikan pertandingan lebih dekat karena tidak adanya lintasan atletik. Stadion ini juga menerapkan sistem atap buka-tutup secara otomatis (retractable roof). 

Sementara itu, pengamat sepak bola nasional Mohamad Kusnaeni pun memprediksi Brasil akan keluar sebagai penguasa grup neraka. Alasannya, Brasil menyandang status sebagai juara bertahan Piala Dunia U-17.

Tak hanya itu, Tim Samba juga diperkuat dengan talenta-talenta muda berbakat seperti Kaua Elias dan Rayan, yang berkontribusi besar membawa Brasil menjuarai Conmebol Sudamericano U-17 2023.*

Komentar