nusabali

KPU Badung Temukan 52 Kotak Suara Rusak

  • www.nusabali.com-kpu-badung-temukan-52-kotak-suara-rusak

MANGUPURA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung terus melakukan penyortiran kotak suara Pemilu 2024 pasca kedatangan 7.437 kotak suara pada Rabu (22/11) lalu. Selama dua hari penyortiran, ditemukan sebanyak 52 kotak suara yang rusak.

“Sampai hari ini (kemarin,red) kita temukan 52 kotak suara yang rusak. Rusaknya walaupun tidak parah, tetapi menurut analisa kita tidak bisa digunakan saat pemilu. Karena rusaknya dominan di bagian lipatan sudut kotak. Sangat berpeluang kalau ada isian di dalamnya, kotak tersebut bisa robek,” ujar Ketua KPU Badung, I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, Jumat (24/11).

Yusa Arsana menambahkan, dari 7.437 kotak suara yang diterima, sebanyak 80 persen sudah disortir. Sisanya akan disortir sampai habis dengan target final pada Minggu (26/11) besok. Dengan demikian, akan diketahui data riil berapa kotak suara yang rusak dan akan segera dilaporkan.

“Penyortirannya masih berlangsung, mungkin hari Minggu ini akan final data kotak suara yang rusak. Namun laporan yang masuk tetap per hari, kalau kita temukan rusak langsung kita laporkan. Sedikit lagi, paling sekitar ratusan yang belum tersortir,” kata Yusa Arsana.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Badung menerima logistik pemilu 2024 yakni 7.437 kotak suara yang terbagi dalam tiga truk besar. Kotak suara tersebut langsung disimpan di gudang penyimpanan KPU Badung di Jalan Gatot Subroto Barat, Denpasar. Sebanyak 7.437 kotak suara berbahan duplek yang telah datang ini sudah sesuai dengan perhitungan kebutuhan logistik yang dibutuhkan KPU Badung.ind

Komentar