nusabali

KPU Denpasar Terima Bilik dan Kota Suara

Lapangan Kompyang Sujana Jadi Tempat Penyimpanan

  • www.nusabali.com-kpu-denpasar-terima-bilik-dan-kota-suara
  • www.nusabali.com-kpu-denpasar-terima-bilik-dan-kota-suara

DENPASAR, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar menerima logistik untuk Pemilu 2024. Sebanyak 7.548 bilik suara dan 9.443 kotak suara yang langsung disimpan di Gudang Lapangan Kompyang Sujana, Kecamatan Denpasar Barat. 

Ketua KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraini, Selasa (28/11) mengungkapkan, logistik untuk Pemilu 2024 di Denpasar yang diterima yakni kotak suara, bilik suara, segel plastik, segel stiker dan tinta. Logistik tersebut tiba di hari yang berbeda. 

Jumlah logistik yang diterima yakni bilik suara sebanyak 7.548 pada pada 13 dan 14 Oktober, segel plastik sebanyak 49.062 diterima pada 6 November. Untuk kotak suara tahap I sebanyak 5.200 diterima 11 November, tahap II diterima sebanyak 4.243 pada 13 November.  Sehingga total keseluruhan kotak suara yang diterima sebanyak 9.443 buah. “Selain itu juga ada tinta sebanyak 3.774 diterima 13 November. Kemudian segel stiker sebanyak 181.244 diterima 17 November,” ujar Ayu Sekar.

Kata Anggraini, kotak suara dan bilik suara terbuat dari karton. Sebelumnya, pada Pemilu 2019 silam, bilik dan kotak suara terbuat dari aluminium. “Yang lama bahan aluminium sudah dilelang dan hasil penjualan sudah dimasukkan ke kas negara,” ujar Ayu Sekar.

Menurut Ayu Sekar, ada dua tempat yang disiapkan untuk dijadikan penampungan logistik. Selain menggunakan Lapangan Kompyang Sujana juga ada gudang di Jalan Pulau Moyo, Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan. Logistik Pemilu 2024 tersebut nantinya akan didistribusikan ke PPK, PPS hingga TPS.
 
“Khusus Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) rencana pendistribusiannya h-3 Pemilu, kalau PPK ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) itu h-2 dan PPS ke tempat pemungutan suara (TPS) itu rencananya h-1,” ujar Ayu Sekar.

Menurut dia, khusus untuk pencetakan, surat suara DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota rencananya dicetak mulai pada 1-7 Desember di PT Temprina Denpasar. “Untuk jadwal penerimaan, sortir dan seting surat suara belum kami susun. Karena belum ada kepastian jadwal distribusi dari penyedia ke KPU,” ujar Ayu Sekar.mis

Komentar