nusabali

Para Capres Merapat ke Jakarta

Jelang Debat Perdana Selasa Besok

  • www.nusabali.com-para-capres-merapat-ke-jakarta

Tema debat perdana untuk capres ‘pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga’

JAKARTA, NusaBali
Jelang debat perdana yang dilaksanakan di Jakarta, Selasa (12/12), Capres dan Cawapres pun sudah melakukan berbagai persiapan. Mereka pun tampaknya sudah mulai merapat ke Jakarta dan tak melakukan kampanye di lokasi yang jauh dari Jakarta. Bahkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) libur kampanye pada, Minggu (10/12) kemarin sebagai salah satu persiapan menghadapi debat.  

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Ahmad Muzani, mengatakan calon presiden (Capres) nomor urut 2 tidak melakukan persiapan khusus menjelang debat perdana pada, Selasa besok. "Pak Prabowo persiapannya tidak ada yang khusus. Beliau persiapannya, ya, seperti biasa. Membaca, mendengar, kemudian tetap berolahraga, berenang, dan minum jamu," kata Muzani saat menghadiri acara deklarasi warga Tegal di Gedung Joang '45, Jakarta, Minggu kemarin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat yang akan dimulai dengan debat capres pada tanggal 12 Desember 2023 bertempat di halaman Kantor KPU RI, Jakarta. Pada debat pertama tersebut, tema yang diangkat adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga.

Muzani menambahkan bahwa tema dalam debat pertama pada dasarnya sudah dipahami secara umum oleh Prabowo sehingga tim kampanye tidak menyiapkan pakar khusus untuk capres Prabowo. Ia menegaskan bahwa pasangan Prabowo-Gibran memiliki komitmen untuk membawa pemerintahan dengan mengutamakan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat. Selain itu, paslon tersebut juga berkomitmen untuk menegakkan keadilan di tengah masyarakat melalui mekanisme hukum.

"Saya kira tidak ada hal khusus. Akan tetapi, bahwa ada diskusi-diskusi, iya. Mas Gibran pun demikian. Debat ini 'kan debat calon presiden, belum calon wakil presiden," ujar dia. Capres-Cawapres Prabowo-Gibran pada Minggu kemarin menghadiri Konsolidasi Tim Pemenangan Prabowo-Gibran yang berlokasi di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Konsolidasi Tim Pemenangan Prabowo-Gibran bertajuk Waktunya Indonesia Maju ini juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju.

Sementara Cawapres Gibran Rakabuming Raka juga terlihat bertandang ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Tsaqafah Jakarta kemudian menemui Said Aqil pada Minggu pagi kemarin.

Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) libur kampanye, Minggu kemarin untuk mempersiapkan debat capres-cawapres perdana yang akan diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta besok. Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Amin, Muhammad Syaugi Alaydrus, mengatakan Anies dan Muhaimin selalu melakukan persiapan, baik sebelum kampanye maupun debat pilpres.

"Sekarang untuk pelaksanaan persiapan debat, jadi semua itu perlu dipersiapkan," kata Syagi di Jakarta, Minggu kemarin. Anies dan Muhaimin libur kampanye pada hari ke-13 masa kampanye Pilpres 2024, Minggu. Setelah berkampanye di Jawa Barat dan Sumatera Utara pada Sabtu (9/12), Minggu kemarin keduanya hanya dijadwalkan untuk mengikuti kegiatan internal. Syaugi pun memastikan Anies dan Muhaimin merupakan tokoh yang taat aturan, dalam hal ini peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Sehingga, lanjutnya, setiap keputusan KPU akan diikuti oleh Anies-Muhaimin.

Syaugi juga berharap acara debat bisa membuat masyarakat mengetahui kemampuan dari masing-masing capres dan cawapres. "Serta, bisa berargumen, bagaimana, kenapa menyampaikan visi itu; sehingga bisa dijawab dengan baik, lantang, lugas, dan benar," ujarnya. Capres usungan PDIP-PPP-Hanura-Perindo, Ganjar Pranowo tampaknya juga sudah merapat ke Jakarta. Pada Minggu kemarin Ganjar terlihat mengisi akhir pekan dengan berolahraga mengitari kawasan hari bebas dari kendaraan bermotor (CFD) di Sudirman-Thamrin, Jakarta. Dengan mengenakan topi dan baju putih, Ganjar berlari menelusuri jalan Sudirman-Thamrin. Dia pun sempat menjadi pusat perhatian masyarakat yang juga sedang berolahraga.

Banyak masyarakat yang mengajaknya bersalaman dan berfoto bersama. Dengan ramah, Ganjar pun melayani permintaan mereka sembari berlari. "Ayo, semangat, semangat tambah lagi," kata Ganjar menyapa masyarakat. Ganjar kemudian melanjutkan perjalanannya ke arah Senayan. Setelah berlari menempuh jarak 8 kilometer, dia pun mengakhiri kegiatan olahraganya dan kembali ke rumahnya dengan menaiki transportasi umum LRT.

Pada Minggu kemarin Ganjar Pranowo juga menemui dan berdiskusi dengan sejumlah nelayan yang tergabung dalam organisasi Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) di kediamannya di Patra Kuningan, Jakarta. Di lokasi terpisah Cawapres pendamping Ganjar, yakni Mahfud Md, mengatakan dirinya siap menghadapi debat itu. "Persiapan untuk debat, tentu saya siap. Kalau ditanya persiapannya apa, pokoknya saya siap," kata Mahfud saat hadir dalam kampanye di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu kemarin.

Mahfud menegaskan dirinya siap untuk saling sanggah dalam debat. Dia menyerahkan mekanisme debat perdana pada 12 Desember lusa kepada KPU. "Bagaimanapun saya siap dan akan hadir. Soal sanggah menyanggah siap, tidak saling sanggah menyanggah juga siap. Terserah lah yang ngatur (KPU RI)," kata Mahfud.

Sementara Komisioner KPU RI, August Mellaz mengatakan pasangan Capres-Cawapres akan hadir dalam debat perdana, tetapi diberi tempat khusus. "Kan ada diberikan posisi sendiri," kata August kepada wartawan di Jakarta, Minggu kemarin. August menyebut saat sesi khusus debat cawapres maka capres akan diberikan tempat khusus. Begitupun sebaliknya saat debat khusus capres. "He, eh (di bawah panggung)," tutur August dilansir detik.com. Ia menjawab pertanyaan apakah capres berada di bawah panggung saat debat cawapres dan tak ikut naik. Ia menyebut debat itu akan terlaksana selama 120 menit. Ia mengatakan sudah ada pertimbangan yang matang soal pembagian segmen.

"Kalau durasi debat tetap 120 (menit), 120 menit itu debat kan totalnya 150 (menit) tapi perhitungan debat itu kan dimulai pada saat stasiun TV ngitung nol sampai pukul 19.00 kan. Pukul 19.00 kan dimulai tuh, baru dimulai tuh Indonesia Raya, jingle pemilu segala macam, sampai nanti penutup itu durasi waktunya 120 menit," tutur August.

"Semuanya sudah terbagi tuh dari 6 segmen, setiap segmen waktunya berapa aja ngapain aja itu sudah kebagi, sudah selesai. Jadi 150 menit itu 30 menitnya iklan, layanan masyarakat, 120 menitnya itu untuk khusus debat," sambungnya. KPU sebelumnya telah mengumumkan nama panelis debat pertama capres cawapres Pemilu 2024. Terdapat 11 orang yang telah menyatakan bersedia menjadi panelis debat. Mellaz mengatakan 11 nama panelis itu telah disepakati oleh tim pasangan calon. Mereka pun akan mulai dikarantina.

Untuk diketahui, debat perdana akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa (12/12) besok. Tema debat perdana untuk capres itu yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. Usai debat pertama, KPU akan menggelar debat selanjutnya pada tanggal 22 Desember untuk cawapres. Debat dilanjutkan pada tanggal 7 Januari 2024 untuk capres, kemudian pada tanggal 21 Januari 2024 untuk cawapres, dan terakhir pada tanggal 4 Februari 2024 untuk capres. KPU juga telah memutuskan bahwa seluruh kegiatan debat akan disiarkan secara langsung di sejumlah televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya. 7 ant

Komentar