nusabali

Puan Maharani Batal Hadir

  • www.nusabali.com-puan-maharani-batal-hadir

3.500 peserta mengikuti Gowes Pesona Nusantara yang merupakan agenda dari Kementerian Pendidikan dan Olahraga di Halaman Kantor Bupati Tabanan, Minggu (30/7). 

Gowes Nusantara Diikuti 3.500

TABANAN, NusaBali
Gowes ini direncanakan dihadiri Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani. Namun menteri yang anak Ketua DPP PDIP ini batal datang karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan.

Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Wayan Adnyana menerangkan Menteri Puan Maharani tidak jadi datang karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan. Acara yang dibuka pada pukul 07.30 Wita tersebut dihadiri Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Pusat Prof Dr Faisal Abdullah. "Ya memang tidak jadi datang karena ada urusan lain," ujarnya.

Kata Adnyana, Gowes Pesona Nusantara ini diikuti oleh peserta baik anak-anak, remaja maupun tingkat dewasa, yang melewati rute sekitar 20 km dari Kantor Bupati Tabanan - Jalan Gajah Mada – Tuakilang – Tunjuk – Marga -  Kediri -  Sanggulan, hingga finish  kembali di Kantor Bupati Tabanan. "Ini tujuanya selain karena Program dari Presiden Jokowi, melalui olahraga bagaimana bisa masyarakat cinta terhadap tanah air," imbuhnya.

Sebelum dimulai dan agar gowes ada nilai filosinya, Kamis (27/7), dilakukan prosesi pengambilan unsur tanah di Pura Batukaru dan unsur air di Pura Danau Beratan. "Kami ambil di dua pura ini karena memiliki sejarah. Karena dua unsur ini akan dikirim ke Jakarta terlebih dahulu, kemudian akan dibuatkan Monumen di Gunung Tidar, Magelang bersama dengan unsur yang ada di 90 kabupaten/kota yang ikut menyelenggarakan Gowes Pesona Nusantara ini," jelas Adnyana.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Pusat Prof Dr Faisal Abdullah. Kata dia, peserta Gowes Pesona Nusantara ini di Tabanan lebih banyak dibandingkan dengan kabupaten lainnya. Dirinya berharap kegiatan ini ke depannya terus dilakukan di Tabanan karena menurutnya olahraga tersebut dapat sebagai alat dalam mempersatu bangsa. "Saya salut pesertanya lebih banyak dibandingkan dengan kabupaten lain di Indonesia," jelasnya.

Acara itu dihadiri Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa sekaligus membacakan sambutan dari Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Pihaknya sangat berterimakasih kepada Kemenpora karena Tabanan menjadi salah satu kabupaten yang ditunjuk mengikuti Gowes Pesona Nusantara. "Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggelorakan, mengajak, menggerakkan dan memotivasi masyarakat untuk hidup sehat dengan olahraga khususnya bersepeda," tandasnya.

Selain diikuti 3.500 peserta, Gowes juga diramaikan oleh peserta jalan santai dari pelajar baik SMP dan SMA/SMK di seluruh Tabanan 1.500 peserta dengan rute dari Kantor Bupati Tabanan - Jalan Gajah Mada - Jalan KS Tubun dan kembali di Kantor Bupati.

Akhir acara dilakukan pengundian sejumlah hadiah, dengan hadiah utama sebuah sepeda motor, dua buah sepeda gunung serta puluhan hadiah hiburan. *d

Komentar