nusabali

Jorge Martin Pimpin FP1 MotoGP Prancis

Pecco Bagnaia Percaya Diri Hadapi Para Pembalap Top

  • www.nusabali.com-jorge-martin-pimpin-fp1-motogp-prancis

PARIS, NusaBali - Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin memimpin sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Prancis, Jumat (10/5) petang. Martin tercepat dengan catatan waktu putaran terbaik 1 menit 31,421 detik.

Martin unggul tepat di depan rider muda Pedro Acosta (GASGAS Tech3) dan Maverick Vinales (Aprilia Racing), yang masing-masing terpaut 0,257 detik dan 0,267 detik. Lalu di belakangnya duo Ducati Lenovo, Enea Bastianini dan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia, masing-masing memiliki margin waktu 0,416 detik dan 0,431 detik dari Jorge Martin.

Melengkapi posisi 10 besar pada sesi latihan bebas pertama, yakni Alex Marquez (Gresini Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Brad Binder (Red Bull KTM), Marc Marquez (Gresini Racing), dan Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46).

Beberapa hal menarik dari rangkaian pertama MotoGP Prancis kali ini, yakni sejumlah pembalap kesulitan melalui beberapa tikungan di Le Mans. Salah satunya adalah Binder yang mengalami kecelakaan tunggal saat melewati Tikungan 11.

Lalu rider tuan rumah Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) juga mengalami masalah keseimbangan pada motornya saat melewati Tikungan 7. Namun Quartararo mampu mengontrol motor dengan baik sehingga tidak terjatuh. Quartararo menyelesaikan sesi latihan bebas pertama ini di posisi ke-20.

Jorge Martin sendiri menginginkan kecepatan dan performa yang stabil pada MotoGP Prancis. Hal tersebut mengacu penampilannya dalam MotoGP Spanyol di Jerez, dua pekan lalu. Saat itu Marti terjatuh dan gagal bersaing memperebutkan kemenangan seperti biasanya.

“Saat itu saya merasa percaya diri dalam balapan, tetapi kemudian saya terjatuh, dan itulah yang terjadi. Namun, yang paling penting saat ini adalah bahwa kami memilki kecepatan dan cepat di setiap trek,” kata Martin, di laman resmi MotoGP, Jumat.

Di sisi lain, juara MotoGP Spanyol 2024 Francesco ‘Pecco’ Bagnaia mengaku percaya diri menghadapi para pembalap top musim ini pada seri kelima MotoGP 2024. Menurutnya, nilai utama sebagai pembalap profesional adalah kemampuannya tidak segera terlena dengan kemenangan, dan tidak terpuruk berlama-lama setelah menelan kekalahan.

“Salah satu poin terkuat saya sebagai pembalap adalah saya tidak peduli jika saya kehilangan waktu atau jika saya terjatuh di hari sebelumnya, karena saya tahu jika semuanya berjalan dengan baik, saya bisa melawan dan berjuang untuk menang,” kata Bagnaia, yang juara bertahan itu.

Soal balapan di Le Mans, Bagnaia mengatakan trek ini selalu spesial karena selain memiliki karakteristik yang unik, ia juga senang melihat penonton yang memadati arena sirkuit sepanjang akhir pekan.

Rangkaian MotoGP Prancis dimulai pada Jumat (10/5), pukul 17.00 WITA dengan sesi latihan bebas (FP) pertama. Lalu Sabtu (11/5) untuk sesi FP 2 pada pukul 16.00 WITA, serta kualifikasi dan Sprint, pada pukul 17.00 WITA dan 21.00 WITA. Sedangkan Minggu (12/5) balapan utama pada pukul 20.00 WITA. ant

Komentar