nusabali

Gibran Center Bali Luncurkan ‘Si Gembul’

  • www.nusabali.com-gibran-center-bali-luncurkan-si-gembul

DENPASAR, NusaBali - Gibran Center Bali mengambil langkah proaktif untuk membantu mensejahterakan peternak babi di Bali dengan peluncuran program unggulan ‘Si Gembul’. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen untuk mewujudkan program-program Capres-Cawapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) yang bertujuan mensejahterakan masyarakat, terutama peternak babi di Pulau Dewata.

Ketua DPW Gibran Center Provinsi Bali, I Ketut Oka Mantara didampingi Ketua DPD Gibran Center Kabupaten Gianyar Nyoman Supartha, menjelaskan bahwa program ‘Si Gembul’ hadir sebagai respons atas kondisi sulit yang dihadapi oleh peternak babi di Bali. Harga babi turun drastis sementara harga pakan melambung tinggi.

Dalam mengatasi permasalahan ini, Gibran Center Bali memilih untuk fokus pada sektor peternakan babi, yang dianggap sebagai sumber pendapatan utama bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Bali. Melalui program ‘Si Gembul’,  Gibran Center berupaya menawarkan solusi konkret dengan menyediakan pakan ternak organik yang berkualitas tinggi dan terjangkau.

“Saat ini, kebetulan di Kabupaten Gianyar, ada teman UKM menciptakan produk pakan, khususnya pakan babi. Harga kompetitif, jauh lebih murah dibandingkan dengan yang telah beredar sampai saat ini. Sudah menghasilkan produk 1-2 ton per hari,” ucap Oka Mantara, Jumat (10/5).

“Saya harap kedepannya produk pakan babi yang lagi dibuat di Gianyar bisa digunakan oleh teman-teman pengusaha peternak babi yang ada di Bali, itu target saya dulu,” ujar Oka Mantara.

Si Gembul merupakan pakan ternak berbahan organik yang ditujukan khusus untuk babi dan itik. Keunggulan utamanya adalah harganya yang lebih murah dan kompetitif, serta nutrisi yang memenuhi kebutuhan babi sehat. Jika babi sudah sehat kemungkinan kecil terkena virus, disamping dijaga kebersihan kandangnya. Produk ini telah diuji coba di beberapa lokasi, seperti Desa Tusan, Kabupaten Klungkung, dan Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, sebagai bagian dari pilot project Gibran Center.cr79

Komentar