nusabali

Wantilan Pura Bias Tugel di The Nusa Dua Terbakar

  • www.nusabali.com-wantilan-pura-bias-tugel-di-the-nusa-dua-terbakar

MANGUPURA, NusaBali - Kebakaran terjadi di area Pura Bias Tugel yang terletak di Pulau Peninsula kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Minggu (12/5) pagi.

Bangunan yang terbakar berupa wantilan. Belum diketahui secara pasti penyebab insiden ini, namun dugaan awal karena hubungan pendek arus listrik (korsleting). 

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Badung, I Wayan Wirya kebakaran tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 10.00 Wita. Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi hanya delapan menit setelah menerima laporan, tepatnya pukul 10.08 Wita. Upaya pengamanan dilakukan oleh petugas keamanan ITDC.

“Oleh petugas Pemadam Kebakaran di sana diteruskan ke Damkar Badung. Di saat yang bersamaan, petugas yang standby di sana langsung melakukan penanganan awal,” ungkap Wirya, Minggu kemarin. Dua unit mobil pemadam kebakaran dari pos ITDC dikerahkan ke lokasi dan berhasil memadamkan api dengan menggunakan sekitar 10.000 liter air. Beruntung, api tidak menjalar ke bangunan lainnya. 

“Pokok benda yang terbakar itu satu titik. Karena tim kami yang di sana sigap, maka Palinggih tidak ikut terbakar,” tambahnya. Wirya menyatakan tidak ada aktivitas mencolok yang terjadi di lokasi saat kejadian, yang mengakibatkan tidak adanya korban. Sementara dugaan awal terkait penyebab kebakaran adalah karena hubungan pendek arus listrik. Namun, penyelidikan lebih lanjut oleh petugas kepolisian masih diperlukan untuk memastikan penyebab pasti kejadian tersebut. “Kalau penyebab itu karena korsleting listrik. Ini dugaan awal dan kondisi sudah aman di lokasi,” pungkasnya. 

Informasi yang dihimpun, kebakaran pertama kali dilihat oleh salah seorang pengunjung yang melihat ada asap mengepul dari area pura. Hal tersebut kemudian dilaporkan ke petugas truk sampah di kawasan ITDC. Hal tersebut lanjut dilaporkan ke petugas terkait. Lokasi yang terbakar berupa bangunan wantilan seluas 6 meter x 4 meter yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sarana upakara, seperti wastra, dulang, tedung dan lainnya. Pura Bias Tugel sendiri berdiri di atas batu karang seluas 50 meter x 50 meter yang tingginya sekitar 3 meter dari permukaan air laut. 7 ol3

Komentar