nusabali

Dinas Perpustakaan Gelar Bimtek Pengelola Perpustakaan SMP dan Desa/Kelurahan

  • www.nusabali.com-dinas-perpustakaan-gelar-bimtek-pengelola-perpustakaan-smp-dan-desakelurahan

GIANYAR, NusaBali - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Pengelolaan Perpustakaan SMP dan desa/kelurahan se-Kabupaten Gianyar di ruang rapat Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, Senin (13/5).

Bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sebagai pengelola perpustakaan dalam penyelenggaraan dan pengelolaan Perpustakaan SMP dan desa/kelurahan sesuai Standar Nasional Perpustakaan.

Kabid Deposit, Pengembangan, dan Pengolahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kebupaten Gianyar I Gede Wayan Astina berharap pengelolaan Perpustakaan SMP dan desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Gianyar sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Seluruh Perpustakaan SMP, desa/kelurahan memiliki nomor pokok perpustakaan. 

Masih ada Perpustakaan SMP, desa/kelurahan belum memiliki nomor pokok perpustakaan. “Perpustakaan SMP, desa/kelurahan bisa mengikuti akreditasi Perpustakaan SMP, desa/kelurahan yang dilaksanakan oleh asesor Perpustakaan Nasional. Sebagian besar Perpustakaan SMP, desa/kelurahan belum terakreditasi,” ungkap Astina.

Perpustakaan SMP, desa/kelurahan bisa memberikan pelayanan publik kepada pemustaka dan dapat bertransformasi dari perpustakaan konvensional menuju perpustakaan berbasis TIK. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar I Gede Suardana Putra mengungkapkan perpustakaan merupakan salah satu unsur dalam pengembangan sumber daya manusia. 

“Dengan adanya perpustakaan di masing-masing sekolah, diharapkan ilmu yang tersimpan dalam buku bisa diakses dengan mudah oleh civitas akademika sekolah guna meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengasah inteligen quotion, emotional quotion, serta spiritual quotion sehingga menjadi generasi milenial yang berilmu dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Dari pembinaan yang dilaksanakan oleh Dispusar, Perpustakaan SMP se-Kabupaten Gianyar belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan. “Gedung perpustakaan masih ada yang tidak memadai, buku koleksi perpustakaan masih berbaur dengan buku paket pelajaran, tidak memiliki gedung perpustakaan dan hanya berupa ruang perpustakaan,” beber Suardana Putra. Di samping itu, bahan pustaka yang ada belum diolah. Bahan pustaka hanya mengandalkan dari hibah/bantuan pemerintah. Perpustakaan desa/kelurahan di Kabupaten Gianyar hampir semuanya mati suri. Aktivitas perpustakaan hampir tidak ada. 

Suardana berharap dengan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan SMP dan desa/kelurahan se-Kabupaten Gianyar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sebagai pengelola perpustakaan sehingga pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa/kelurahan sesuai Standar Nasional Perpustakaan. 

“Besar harapan kami, ke depannya kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan bermanfaat demi kemajuan pengelolaan perpustakaan sesuai Standar Nasional Perpustakaan di masing-masing sekolah,” harap Suardana. Bimtek Pengelola Perpustakaan SMP dilaksanakan dari tanggal 13 hingga 17 Mei 2024 dengan peserta 30 orang. Bimtek pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 31 Mei 2024 dengan peserta sebanyak 30 orang. 7 nvi

Komentar