nusabali

Tanggap Bencana, BPBD Gianyar Manfaatkan Teknologi Radio Over IP

  • www.nusabali.com-tanggap-bencana-bpbd-gianyar-manfaatkan-teknologi-radio-over-ip

GIANYAR, NusaBali - BPBD Kabupaten Gianyar memanfaatkan teknologi Radio over IP atau yang lebih dikenal dengan RoIP guna mempermudah komunikasi terkait kebencanaan. Kecepatan informasi yang diterima diharapkan berbanding lurus dengan kecepatan menanggapi dan menangani situasi bencana.

Hal ini diungkapkan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Presasta saat Fokus Group Diskusi (FGD) penguatan dan perluasan jejaring komunikasi kebencanaan Kabupaten Gianyar yang diselenggarakan di RV Hotel Gianyar, Rabu (15/5).

Dibya mengatakan saat ini BPBD Kabupaten Gianyar sudah memanfaatkan teknologi Radio over IP untuk menjadi salah satu saluran komunikasi kebencanaan di Kabupaten Gianyar. “Biasanya untuk komunikasi kedaruratan kami menggunakan handy talkie analog untuk berkomunikasi, namun pemanfaatannya terbatas karena tidak semua memiliki perangkat handy talkie analog dan butuh repeater dan harus membayar ijin setiap tahunnya. Namun saat ini BPBD Kabupaten Gianyar sudah menggunakan teknologi Radio over IP untuk komunikasi kedaruratan kebencanaan," ujarnya.

Untuk pemanfaatannya, nantinya instansi terkait seperti TNI, Polri, Dinas Sosial, Dinas Pemadam Kebakaran, dan relawan akan diberikan akses untuk tergabung dalam saluran Radio over IP BPBD Kabupaten Gianyar dengan menggunakan aplikasi Teamspeak yang dapat diunduh di Google Play Store. Jadi, dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah komunikasi kebencanaan. Mengingat, semua orang sudah memiliki smartphone android untuk komunikasi sehari-hari. “Jadi mereka tidak perlu handy talkie analog atau konvensional lagi, cukup dengan aplikasi Teamspeak yang terinstal di smartphone android saja maka mereka sudah bisa berkomunikasi dengan Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Gianyar bila memerlukan bantuan kebencanaan," kata Dibya.

Nantinya ketika login atau masuk ke aplikasi Teamspeak, instansi terkait dan relawan akan diberikan alamat IP Addres server RoIP milik BPBD Kabupaten Gianyar dan bisa secara langsung terhubung dalam saluran komunikasi kebencanaan. Dengan adanya teknologi ini, akses bantuan kebencanaan khususnya di Kabupaten Gianyar akan semakin mudah dan fleksibel. 7 nvi

Komentar