nusabali

Delapan Kepala Negara Hadiri WWF ke-10

Resmikan Starlink, Elon Musk akan Hadir di Bali

  • www.nusabali.com-delapan-kepala-negara-hadiri-wwf-ke-10

MANGUPURA, NusaBali - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sebanyak delapan kepala negara/pemerintahan akan menghadiri kegiatan World Water Forum (WWF) Ke-10 yang diselenggarakan di Bali, 18-25 Mei 2024.

Kepala negara yang hadir, di antaranya Timor Leste, Fiji, Tajikistan, Srilanka, Hungaria, Maroko, dan tentunya Indonesia. "Selain itu ada tiga deputy prime minister atau deputi-nya perdana menteri yaitu Malaysia, Papua Nugini, Slokavia dan tiga utusan khusus presiden dari Belanda, Prancis dan Uni Emirat Arab," kata Menteri Basuki saat menghadiri rapat koordinasi jelang penyelenggaraan WWF ke-10 di Nusa Dua, Badung, Kamis (16/5). 

Ia mengungkapkan, sebanyak 105 menteri juga dijadwalkan akan menghadiri WWF Bali dari 132 negara dan organisasi internasional. "Untuk pesertanya, kalau yang mendaftar sampai dengan sore ini 13.000 peserta. Tapi itu yang mendaftar resmi, belum yang tidak mendaftar seperti istri, keluarganya, anak buah, yang hadir pun belum terdaftar. Sekarang akan kami hitung persis karena akan berpengaruh pada logistiknya, yang mendaftar ini pasti akan bergerak terus sampai hari Minggu," ungkap dia.

Menteri Basuki Hadimuljono menjelaskan sejumlah kegiatan direncanakan diselenggarakan pada rangkaian World Water Forum Bali diantaranya Balinese Water Purification Ceremony yang diselenggarakan di kawasan Kura-Kura Bali pada 18 Mei. Selanjutnya pada Senin (20/5) akan diselenggarakan seremonial pembukaan di kawasan BICC Nusa Dua yang dilanjutkan dengan High Level Meeting yang akan dipimpin Presiden Joko Widodo.

Selain itu, pada sore harinya rangkaian World Water Forum akan dilanjutkan dengan Bali Art Carnival serta kegiatan Gala Dinner di Garuda Wisnu Kencana. Ia menambahkan hingga saat ini berbagai persiapan untuk penyelenggaraan forum air terbesar di dunia itu sudah tuntas dilaksanakan. "Saya kira sudah clear semua, ini rapat terakhir koordinasi, besok ada tactical floor game (TFG) terkait pengamanan, jadi semua sudah ready termasuk acara-acara semua," kata Menteri Basuki Hadimuljono.

Dalam Rakor finalisasi penyelenggaraan WWF kemarin hadir Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menparekraf Sandiaga Uno, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, dan sejumlah petinggi lainnya dari kepolisian, TNI, dan lintas sektoral.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan semua persiapan telah rampung. "Jumlah peserta diperkirakan mencapai 39.000 orang jika dihitung termasuk keluarga dan staf," ujarnya saat ditemui usai rakor. Hal senada diungkapkan Menparekraf Sandiaga Uno. Menurutnya persiapan WWF ke-10 telah mencapai tahap finalisasi. "Kami melakukan update termasuk gladi kotor dan gladi bersih untuk memastikan acara ini berjalan lancar. Persiapan sudah matang," ungkapnya. 

Dia juga menyoroti peran Fair dan Expo dalam acara ini, di mana UMKM telah diberikan perhatian khusus. "Kami harap para peserta akan mendapatkan kenangan tak terlupakan dari Bali, termasuk melalui kegiatan-kegiatan seperti menanam mangrove dan purifikasi air," ujarnya. Acara ini juga akan menampilkan kegiatan water purification yang dimulai pada Sabtu, (18/5), serta field trip ke Jatiluwih dan destinasi wisata unggulan lainnya. Sandiaga Uno menyatakan keyakinannya bahwa hasil rakor akan memastikan kelancaran semua kegiatan, termasuk pembaruan mengenai cuaca.

Dalam konteks ekonomi, pendaftaran untuk acara ini sudah mendekati angka 14.000 orang. Diharapkan, dengan melibatkan UMKM, acara ini dapat memberikan dorongan ekonomi yang signifikan. "Kami berharap para peserta akan terkesan dengan berbagai produk ekonomi kreatif dan pertunjukan seni terbaik yang kita miliki," kata Sandiaga Uno. 

Sandiaga juga mengungkapkan kehadiran tokoh global, orang terkaya di dunia Elon Musk telah menjadi sorotan dalam persiapan menuju WWF ke-10 yang akan digelar di Bali. Elon Musk dijadwalkan hadir untuk meresmikan Starlink (layanan internet satelit revolusioner) bersama Presiden Joko widodo (Jokowi). Sandiaga Uno menambahkan pendiri Tesla ini telah mengkonfirmasi kehadirannya dalam pembukaan WWF ke-10 di Bali. Meskipun jadwal kunjungan masih disusun, Sandiaga Uno berharap dapat mengajak Elon Musk mengunjungi beberapa destinasi andalan di Bali serta tempat-tempat yang terkait dengan keberlanjutan lingkungan atau pariwisata hijau. 7 cr79, ant

Komentar