nusabali

Menengok Infrastruktur Pendukung World Water Forum di Bali

  • www.nusabali.com-menengok-infrastruktur-pendukung-world-water-forum-di-bali

DENPASAR, (ANTARA) - Provinsi Bali akan menjadi tuan rumah pelaksanaan World Water Forum (Forum Air Dunia/WWF) Ke-10 yang berlangsung 18-25 Mei 2024. Sejumlah hal disiapkan untuk menyukseskan ajang yang diadakan setiap tiga tahun sekali itu.

Direktur Utama JBT I Ketut Adiputra Karang mengungkapkan sistem buka-tutup diterapkan pada gardu tol 01 dan memasang papan petunjuk khusus jalur VIP.

Sejumlah kendaraan melewati Tol Bali Mandara melalui Gerbang Tol Benoa di Denpasar, Bali, Rabu (15/5/2024). -IST
 
Jalur khusus juga telah disiapkan di gardu 04 di setiap gerbang tol untuk perlintasan tim Paspampres, kepolisian, Korps Lalu Lintas dan TNI.

Sedangkan, Pemerintah Provinsi Bali juga menyiapkan sebanyak 2.600 penjor atau hiasan bambu panjang melengkung yang biasa dipasang ketika upacara besar di Pulau Dewata, di sepanjang rute dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menuju lokasi acara di Nusa Dua.

Kesiapan Hotel

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mencatat jumlah hotel yang berada di bawah naungan asosiasi itu mencapai sekitar 316 hotel dengan total jumlah kamar mencapai 150 ribu kamar.

Wakil Ketua PHRI Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya menyebutkan tingkat hunian hotel di area Nusa Dua, Kabupaten Badung, sudah penuh mengingat lokasi utama pelaksanaan WWF berada di Nusa Dua.

Sedangkan untuk area sekitarnya di antaranya Jimbaran, Kuta, Legian, Canggu, Sanur, dan Ubud, tingkat huniannya diperkirakan mencapai sekitar 75 persen.

Ada pun perhotelan di kawasan Nusa Dua yakni dipastikan sudah penuh yakni hotel yang berada di kawasan yang dikelola BUMN PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC).

Kawasan ITDC The Nusa Dua memiliki total sekitar 5.485 kamar yang tersebar di 22 hotel bintang lima dan vila mewah

ITDC mengungkapkan ada 10 hotel di kawasan itu yang menjadi tempat menginap tamu negara kategori VVIP dan VIP.

Seluruh hotel yang terkonfirmasi itu meningkatkan kesiapan fasilitas maupun sistem pengamanan di antaranya berupa mesin pemindai atau X-ray dan portal pemeriksaan keamanan atau security door.

 

Komentar