nusabali

Desa Dawan Kelod Jalani Verifikasi Lomba Desa Pangan Aman Nasional

  • www.nusabali.com-desa-dawan-kelod-jalani-verifikasi-lomba-desa-pangan-aman-nasional

Andi Yulu mengatakan Desa Dawan Kelod sebagai wakil Bali telah lolos lima besar di wilayah regional tengah.

SEMARAPURA, NusaBali
Desa Dawan Kelod, Kecamatan Dawan, Klungkung menjalani verifikasi lapangan Lomba Desa Pangan Aman tingkat nasional secara online melalui video conference di Desa Dawan Kelod, Kamis (16/5).

Desa Dawan Kelod menjadi perwakilan Bali dalam lomba yang digelar oleh BPOM pusat. Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika turut mendampingi Perbekel Dawan Kelod I Nengah Suardita saat menjalani verifikasi tim penilai dari Kemenko PMK, Kemendagri, Kemendesa, Kementan, Kemenkes, Bapanas, dan BKKBN.

Kriteria penilaian mencakup tentang keamanan pangan di desa dengan menyasar rumah tangga, warung, ritel, kantor desa, pasar desa, dan kantin sekolah. Suardita mengatakan, Desa Dawan Kelod terpilih mewakili Bali karena sesuai hasil dari penilaian BPOM Denpasar sebagai desa pangan aman terbaik hasil monitoring dan evaluasi keamanan pangan terpadu di Kabupaten Klungkung Tahun 2023. 

Desa Dawan Kelod mengikuti lomba tingkat nasional dengan berbagai persiapan, di antaranya profil desa pangan aman, inovasi, sosialisasi, dan pengecekan ke lapangan. "Sehingga pangan olahan bebas dari tiga bahan berbahaya yaitu biologi, kimia, dan fisik," ujar Suardita.

Andi Yulu, salah seorang penilai dari BPOM pusat mengatakan Dawan Kelod yang merupakan perwakilan Bali telah lolos lima besar di wilayah regional tengah. Dia berharap Desa Dawan Kelod akan menjadi model bagi desa lain di Bali dan direplikasi di daerah dan kabupaten lain. 

Pj Bupati Klungkung Nyoman Jendrika mengapresiasi Desa Dawan Kelod yang berhasil lolos sehingga mewakili Provinsi Bali. Dia berharap Desa Dawan Kelod akan menjadi role model untuk maju bersama-sama daerah yang lain di Bali. "Kami punya keyakinan Desa Dawan Kelod akan menjadi yang terbaik pada lomba ini," harap Jendrika. 7 wan

Komentar