nusabali

Tagana dan Dinsos Bersihkan Tugu Tonggak Perjuangan

  • www.nusabali.com-tagana-dan-dinsos-bersihkan-tugu-tonggak-perjuangan

Relawan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Karangasem bersama jajaran Dinas Sosial Karangasem melakukan aksi bersih-bersih tugu tonggak perjuangan di Banjar Tengading, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (4/8). 

AMLAPURA, NusaBali
Selama ini, di tugu peringatan tempat gugurnya pejuang I Wayan Perit tahun 1946, belum pernah diadakan peringatan mengenang jasa-jasanya.

Hal itu diakui Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Karangasem I Nyoman Suarjana dan Korlap Tagana Karangasem Ida Bagus Suparta saat melakukan bersih-bersih.

“Selama ini belum ada peringatan mengenang jasa pahlawan I Wayan Perit, yang gugur melawan Belanda. Paling tidak dengan cara menggelar aksi bersih-bersih di tugu ini, kami mengenang perjuangannya,” kata Suarjana.

Suarjana yang juga anggota Pemuda Panca Marga (P2M) berjanji menyuarakan minimal di internal P2M, selanjutnya disampaikan ke pemerintah agar ada upacara untuk mengenang pejuang I Wayan Perit. Di samping itu, di setiap hari pahlawan selayaknya dilakukan upacara tabur bunga.

Ida Bagus Suparta yang memimpin Tagana Karangasem mengaku termotivasi untuk mengenang perjuangan para pahlawan, guna menumbuhkembangkan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda. Sebab, bangsa ini lahir dan besar, berkat perjuangan para pahlawan. *k16

Komentar