nusabali

Karangasem Ulang Pelaksanaan OSN SD

  • www.nusabali.com-karangasem-ulang-pelaksanaan-osn-sd

AMLAPURA, NusaBali - OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat Kabupaten Karangasem akan digelar Kembali pada 27 - 28 Mei 2024. Panitia memastikan pelaksanaan itu, secara teknis tidak ada kendala, seperti sebelumnya.

“OSN SD kembali dilaksanakan, sehubungan saat pelaksanaan sebelumnya, server Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) error,” jelas Ketua Panitia I Gusti Bagus Jaya Arsana di ruang kerjanya, Jalan Veteran Amlapura, Senin (20/5).

Sebelumnya, OSN SD dilaksanakan, 20 - 21 Maret secara online. Karena bermasalah sehingga pelaksanaannya diulang. Bagus Arsana memaparkan, awalnya OSN Tingkat SD secara online, di SDN 5 Karangasem di Jalan Bhayangkara, Amlapura. Dua mata pelajaran dilombakan di OSN itu, yakni IPA dengan peserta 80 siswa dan Matematika 7 siswa.

Saat itu, banyak peserta tidak bisa login, ada juga tidak bisa kirim jawaban. Oleh karena itu, sesuai saran dari Puspresnas, OSN Tingkat SD agar diulang. Peserta OSN, katanya, wajib bawa HP android. Saat lomba kebanyakan mengalami blackout atau terlihat layar hitam atau putih dalam waktu cukup lama, tidak bisa log out, hal itu menyebabkan mental siswa down.

OSN diikuti peserta dari delapan kecamatan se-Karangasem. Nantinya mencari lima siswa terbaik di masing-masing mata pelajaran untuk mewakili Karangasem di OSN Tingkat SD Provinsi Bali, yang dijadwalkan 19-20 Juni, dan tingkat nasional jadwalnya 5-11 Agustus.

Jaya Arsana mengaku telah melayangkan pemberitahuan kepada sekolah-sekolah yang mengirimkan peserta OSN, mata pelajaran IPA dan IPS. “Saya berharap di OSN nanti tidak ada kendala,” harapnya.

Pelaksanaan OSN tingkat SD, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor : 17 Tahun 2010. Sehingga nantinya mampu menjaring siswa-siswa berbakat, yang mampu mengembangkan daya nalar, kreatif dan berkembang, serta berpikir kritis. Harapan ke depan mereka akan bisa tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian yang kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Kasek SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem I Wayan Sarja mengakui, siswanya kembali mengikut OSN, karena sebelumnya bermasalah. "Berarti masih dapat kesempatan melakukan persiapan," jelas I Wayan Sarja.

Kasek SDN 1 Karangasem I Nyoman Budiasa juga mengatakan, siswanya kembali ikut OSN mata pelajaran IPA dan IPS. Sebab, di OSN sebelumnya terjadi kesalahan, sehingga tidak bisa melanjutkan ikut OSN. "Sudah ada pemberitahuan, OSN SD diulang kembali, dilaksanakan 27-28 Mei," jelas Budiasa.

Saat OSN Tingkat SD tahun 2023, keluar sebagai juara,  mata pelajaran IPA I Putu Rangga Nova Wedhakarma dari SDN 1 Ulakan, Kecamatan Manggis, dan juara Matematika, I Gede Eby Vallintino dari SDN 4 Sukadana, Kecamatan Kubu.

Tahun 2023, pesertanya antusias, mata pelajaran IPA sebanyak 319 siswa, dan mata pelajaran Matematika, sebanyak 298 siswa. Sedangkan OSN tahun 2024, pesertanya jauh menurun.7k16

Komentar