nusabali

Manchester City Raih Gelar di Laga Pamungkas

Guardiola Akui Sukses The Citizens Berkat Liverpool dan Arsenal

  • www.nusabali.com-manchester-city-raih-gelar-di-laga-pamungkas

Kesuksesan ManCity berkat Liverpool dan Arsenal. Kedua klub tersebut dinilai turut mendorong timnya mencapai ‘batas kemampuan’. Yakni, City meraih enam gelar juara EPL, empat di antaranya secara beruntun, selama tujuh tahun terakhir.

LONDON, NusaBali
Juara bertahan Manchester City mengunci gelar juara Liga Primer Inggris pada laga pekan terakhir. Ya, The Citizens menang 3-1 atas West Ham United dalam pertandingan di kandang sendiri, Stadion Etihad, yang berakhir Senin (20/5) dini hari. 
ManCity Kunci Gelar di laga terakhir

Kini ManCity meraih empat gelar Liga Premier Inggris berturut-turut dan ke-10 di sepanjang sejarah klub. Jadi juara empat kali beruntun membuat City memiliki rekor baru klub Liga Inggris. Ya, ManCity menutup musim 2023/2024 di puncak klasemen, dengan 91 poin.

ManCity unggul dua poin atas pesaing terdekat sekaligus tim peringkat kedua, Arsenal, dengan 89 poin. Liverpool yang memainkan laga perpisahan dengan pelatih Juergen Klopp, di posisi ketiga dengan 82 poin, usai menang 2-0 atas tamunya Wolverhampton Wanderes

Satu posisi Liga Champions lain diamankan Aston Villa, di posisi empat (68 poin). Dua slot kompetisi Eropa tersisa milik dua klub London. Tottenham Hotspur di posisi kelima (66 poin) di Liga Europa. Chelsea di posisi keenam akan mengikuti Conference League. Namun, The Blues juga berpeluang tampil di Liga Europa, jika ManCity juara Piala FA.

Tiga tim terdegradasi, bahkan sebelum laga terakhir musim ini dimainkan. Luton Town di posisi ke-18, Burnley di posisi ke-19, dan tim juru kunci Sheffield United. Ketiganya tampil di Divisi Championship atau strata kedua Liga Inggris pada musim depan.

Sedangkan tiga tim promosi dari Championship ke Premier League, menggantikan yang terdegradasi, yakni juara Championship 2023/2024 Leicester City. Runner upnya Ipswich Town juga promosi, setelah tampil di EPL pada tahun 2002. Slot ketiga akan diperebutkan lewat playoff, antara Leeds United dan Southampton.

Sementara itu, striker ManCity Erling Haaland meraih gelar "Sepatu Emas" atau pencetak gol terbanyak untuk kedua kalinya dengan 27 gol. Striker Norwegia itu mencetak 38 gol di semua kompetisi, yakni 27 gol EPL, enam gol Liga Champions dan lima gol Piala FA. 

Pelatih ManCity Pep Guardiola menyebut kesuksesan City di bawah asuhannya berkat Liverpool dan Arsenal. Guardiola membawa City meraih enam gelar juara EPL, empat di antaranya diraih secara beruntun, selama tujuh tahun terakhir. Kua klub tersebut, kata Pep, turut mendorong timnya mencapai "batas kemampuan".

Liverpool dan Arsenal adalah dua klub yang membayangi City di Liga Inggris dalam beberapa tahun terakhir. The Reds mampu merebut Liga Inggris pada 2019-2020 dengan 99 poin, dengan margin meyakinkan 18 poin dari The Citizens.

Pasukan Jurgen Klopp hampir meraih dua gelar Liga Primer Inggris. Namun, selisih satu poin pada musim 2018/2019 dan 2021/2022 membuat mereka harus puas di posisi kedua di belakang ManCity.

Begitu juga Arsenal jadi pesaing terberat ManCity dalam dua musim terakhir. Seperti halnya Liverpool, pasukan Mikel Arteta dengan pemain muda gagal juara setelah terpaut lima poin dan dua poin pada klasemen akhir.

Setelah jadi tim pertama yang meraih empat gelar beruntun Liga Primer Inggris, mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu mengincar trofi Piala FA saat timnya menghadapi Manchester United di Stadion Wembley pada Sabtu (25/5). ant

Komentar