nusabali

Kesdam IX/Udayana Kerahkan Tim Medis

  • www.nusabali.com-kesdam-ixudayana-kerahkan-tim-medis

MANGUPURA, NusaBali - Rumah Sakit Tk II Udayana menerjunkan 47 personel medis tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) dalam perhelatan Konfrensi Tingkat Tinggi World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan.

Unsur pendukung medis ini tugasnya untuk mengecek kesehatan dan makanan personel di lapangan. Tim ini dipimpin Letkol Ckm dr I Nyoman Indrawan, Sp PD.

Sebagai unsur pendukung medis, dr I Nyoman Indrawan yang kesehariannya juga menjabat Wakil Kepala Rumah Sakit Tk II Udayana mengungkapkan bahwa personel yang diterjunkan berjumlah 47 orang. Para personel ini dibagi menjadi 4 tim, yaitu Unsur Pokko, Unsur Ambulance, Unsur Food Security, Unsur Mini Icu Mobile. Empat unsur ini mempunyai tugas masing-masing.

“Untuk mendukung KTT WWF ke-10 ini unsur medis menyiapkan sarana dan prasarana yang digunakan antara lain dua unit mini ICU mobile, enam unit ambulans yang dilengkapi dengan obat-obatan. Selain itu juga kita gunakan beberapa sepeda motor,” beber dr Nyoman Indrawan.

Untuk menangani personel yang mengalami cedera atau sakit pada saat melaksanakan pengamanan, pihaknya telah menyiapkan enam pos medis. Masing-masing pos disiagakan satu unit ambulans yang berada di sekitar tempat-tempat pengamanan. Tujuannya agar mudah dan cepat diatasi oleh tim medis.

“Jika terjadi sakit atau cedera tim ambulans akan menuju ke lokasi dan apabila personel tersebut sakit ringan, maka akan diberi pengobatan di tempat, namun jika memerlukan perawatan lebih lanjut, maka akan dilakukan evakuasi ke rumah sakit terdekat. Apabila belum bisa ditangani akan dirujuk ke rumah sakit yang tingkatannya lebih tinggi,” jelasnya. 7 pol

Komentar