nusabali

Longsor, Akses ke Beji Dukuh Desa Tua Sempat Lumpuh

  • www.nusabali.com-longsor-akses-ke-beji-dukuh-desa-tua-sempat-lumpuh

TABANAN, NusaBali - Jalan akses ke Beji Dukuh di Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan, tertutup material longsor. Longsor dengan lebar 5 meter dan tinggi 2,5 meter ini sempat membuat warga tak bisa mencari air bersih untuk air minum.

Peristiwa longsor sebenarnya sudah terjadi dua pekan. Namun evakuasi baru tuntas pada Selasa kemarin karena menunggu alat berat yang disewa desa siap beroperasi. 

Perbekel Tua I Wayan Budi Arta Putra mengatakan penanganan longsor sudah selesai dilakukan pada Selasa (21/5) siang. Evakuasi baru dilakukan karena menunggu alat berat yang disewa siap beroperasi. “Biar sekalian, sewa alat berat karena kami juga lakukan pemerataan tanah di wilayah pura,” ujarnya. 

Disebutkan longsor terjadi karena tanah tegalan warga yang ambrol saat hujan lebat dua pekan lalu. Akibatnya material menutup seluruh badan jalan akses menuju Beji Dukuh. “Memang selama longsor warga sempat tak bisa mencari air minum untuk keperluan sehari-hari,” ucap Arta Putra. 

Meskipun demikian, menurut Arta Putra, longsor tak sampai membuat aktivitas masyarakat lumpuh total. Selama belum bisa mencari air beji untuk air minum, warga sudah mencari alternatif dengan cara membeli air isi ulang. “Penanganan sudah selesai dilakukan, biaya evakuasi kami gunakan dari anggaran bencana desa,” tandas Arta Putra. 7 des

Komentar