nusabali

Ingin Study Tour, Dishub Berikan Beberapa Syarat

  • www.nusabali.com-ingin-study-tour-dishub-berikan-beberapa-syarat

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Perhubungan Kabupaten Badung mengelurkan surat imbauan kepada sekolah-sekolah yang ada di Gumi Keris dalam pelaksanaan study tour.

Surat imbauan ini berkaca dari adanya kecelakaan bus pariwisata di Subang, Jawa Barat yang memakan banyak korban.

Surat imbaun ini juga sebagai tindaklanjut hasil rapat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, para pakar transportasi dan pengurus Organisasi Angkutan Darat (Organda) di Jakarta mengenai kecelakaan Bus Trans Putera Fajar yang terjadi di Subang, Jawa Barat pada 11 Mei 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Badung AA Rai Yuda Darma, mengatakan pada surat imbauan bernomor 551/648/Dishub, diharapkan sekolah memperhatikan empat poin jika melaksanakan study tour. Empat poin yang ditekankan yakni sebagian besar mengenai pemilihan bus yang akan digunakan.

“Jadi imbauan yang kami berikan untuk menghindari terjadinya lagi kecelakaan seperti di Subang. Maka kami mohon agar sekolah-sekolah di Kabupaten Badung yang akan melaksanakan study tour harus memperhatikan beberapa hal,” ujarnya, Kamis (23/5).

Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain, jika melaksanakan study tour persyaratan izin angkutan yang dimiliki harus lengkap. Selanjutnya, sudah melakukan uji KIR sesuai ketentuan yang berlaku dan sudah mengantongi Kartu Uji Elektronik. “Sebelum keberangkatan dilakukan ramp check. Semua ini wajib diperhatikan, termasuk yang terakhir awak kendaraan harus memiliki SIM sesuai ketentuan dan kondisi kesehatan awak kendaraan dipastikan dalam keadaan sehat,” jelas Rai Yuda.

Birokrat asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara ini pun berharap surat imbauan tersebut bisa dilaksanakan pihak sekolah agar memilih kendaraan pariwisata yang layak jalan. Ini semata-mata demi keselamatan siswa saat melakukan perjalanan menggunakan bus.

“Apalagi saat ini kegiatan study tour diawasi oleh instansi terkait, dalam hal ini Disdikpora, sehingga kami minta Disdikpora memastikan imbauan ini kepada sekolah-sekolah,” harapnya. 7 ind

Komentar