nusabali

Badung Seleksi Pecatur Usia Dini

  • www.nusabali.com-badung-seleksi-pecatur-usia-dini

MANGUPURA, NusaBali - Pengurus Kabupaten Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Badung mulai melakukan seleksi atlet catur usia dini. Bahkan, sejumlah klub mulai menggelar berbagai kegiatan untuk melahirkan para pecatur potensial.  Seleksi atlet usia dini itu sekaligus untuk regenerasi pecatur di Gumi Keris.

Ketua Umum Pengkab Percasi Badung Wayan Tirta mengatakan, sejak menjabat ketua umum Percasi Badung telah menyusun program tingkat klub, yang berjumlah tujuh klub yang tersebar di seluruh kecamatan di Badung. 

"Sesuai target KONI dan target Percasi Badung, Porprov Bali 2025 harus juara umum. Itu harga mati. Maka, kita menyusun program unggulan untuk mencapai target itu," kata Wayan Tirta, Kamis (23/5)

Untuk mencapai itu, kata Tirta, pihaknya telah memiliki strategi dan membentuk tim junior dari berbagai klub di Badung. Tiap klub dipilih yang masuk lima besar dan setelah itu menggelar kejuaraan. Itulah nantinya cikal bakal tim junior Badung. 

"Ini sudah kita lakukan. Sejumlah klub Badung Selatan hingga Badung Utara ini sudah ada yang melaksanakan kejuaraan. Jadi, inilah nantinya tim masa depan Catur Badung," kata Tirta.

Menurut Tirta, kejuaraan masing-masing klub akan melihat kelompok umur, mulai SD, SMP dan SMA. Masing-masing kelompok umur ini akan diseleksi hingga hanya ada di lima besar. Dia pun optimistis adanya program dan kegiatan itu dapat melahirkan atlet potensial yang akan mengharumkan nama Gumi Keris dan Bali. 

"Dalam waktu dekat, klub di Mengwi akan menggelar kegiatan. Ya, tentunya menyaring dari semua umur dan masing-masing kategorinya," kata Wayan Tirta.

Selain proses seleksi, Wayan Tirta mengaku para atlet yang lahir dari berbagai kegiatan seperti Porsenijar juga akan melengkapi atlet yang lahir dari program tersebut. Dia pun memastikan kalau program yang dirancang dalam kepengurusannya itu bisa mencetak atlet berprestasi baik di daerah, nasional hingga internasional. 

"Ini program unggulan kita saat ini. Harapannya dapat berjalan baik dan para atlet yang dijaring ini terus dibina," pungkas Wayan Tirta. dar

Komentar