nusabali

Disdikpora Klungkung Tak Larang Sekolah Study Tour

  • www.nusabali.com-disdikpora-klungkung-tak-larang-sekolah-study-tour

SEMARAPURA, NusaBali - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung tidak melarang kegiatan study tour atau sejenisnya oleh sekolah. Sepanjang para orang tua mengizinkan dan mempersiapkan dengan matang. Di tahun 2024 ini, sejumlah sekolah sudah berangkat study tour, ada juga sekolah yang masih menentukan jadwal keberangkatan.

Kadisdikpora Klungkung, I Ketut Sujana, mengatakan sekolah yang sudah menggelar study tour tahun ini yakni SMPN 3 Dawan. Rute tirta yatra ke Danau Beratan, mengunjungi Bedugul dan Tanah Lot di Tabanan, Rabu (22/5). SMPN 3 Semarapura akan menggelar study tour ke Taman Ayun (Badung), The Sila's (Tabanan), dan lainnya pada Sabtu (1/6) nanti. “Untuk tingkat SMP baru dua sekolah yang audiensi, sekolah lainnya belum ada,” ujar Sujana, Jumat (24/5).

SDN 1 Tojan, Kecamatan Klungkung sudah konfirmasi rencana pengenalan lingkungan ke situs peninggalan purbakala di Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar. “Namun tanggalnya belum,” imbuh Sujana. Disdikpora Klungkung intinya tidak melarang aktivitas study tour atau sejenisnya sepanjang sesuai standar operasional prosedur (SOP). 

Setiap sekolah sebelum melaksanakan study tour harus melibatkan komite yang merupakan orang tua siswa karena study tour butuh pembiayaan. Study tour bisa telaksana jika orang tua memberikan izin. Setelah orangtua siswa memberikan izin, sekolah wajib melapor ke Dinas Pendidikan. Sujana mengimbau sekolah yang mengadakan study tour tetap mengedepankan keselamatan bersama. “Kami tidak izinkan study tour keluar daerah,” ujar Sujana. 7 wan

Komentar