nusabali

Calon PPS di Gianyar Tuntaskan Tes Wawancara

  • www.nusabali.com-calon-pps-di-gianyar-tuntaskan-tes-wawancara

GIANYAR, NusaBali - KPU Kabupaten Gianyar tuntaskan tes wawancara untuk calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang. Proses seleksi wawancara ini dilaksanakan mulai 22 hingga 23 Mei 2024 di Sekretariat PPK (Kecamatan,red) se-Kabupaten Gianyar.

Anggota KPU Gianyar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih,Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, I Gusti Bagus Agung Swandhita  

mengatakan, proses wawancara yang rencananya dilakukan langsung di Kantor KPU Kabupaten Gianyar, mengalami perubahan. Hal itu disebabkan ada kegiatan KPU Provinsi yang mengharuskan KPU Kabupaten/Kota untuk hadir dalam acara tersebut. 

“Kita geser pelaksanaannya ke kecamatan karena KPU Kabupaten diundang KPU Provinsi untuk Rakor Pemutakhiran Data Pemilih,” beber Bagus Swandhita, di Gianyar, Jumat (24/5). 

Terkait pelaksanaan rekrutmen PPS di Kabupaten Gianyar dilakukan melalui seleksi terbuka. Tahapan rekrutmen PPS sudah berjalan dengan pengumuman pendaftaran calon anggota PPS pada 2 Mei 2024, kemudian pengumuman seleksi administrasi pada 13 Mei 2024, tes CAT (Computer Assisted Test) yang dilaksanakan pada 17 dan 18 Mei 2024 hingga tes wawancara pada 22 dan 23 Mei 2024. “Pada 25 Mei (hari ini,red) kita akan tetapkan calon anggota PPS sebelum nanti dilantik pada 26 Mei 2024,” ujar Bagus Swandhita. 

Kata Bagus Swandita, KPU Gianyar merekrut sebanyak 210 anggota PPS. Berdasarkan keputusan KPU RI Nomor 475 tahun 2024, rekrutmen harus memenuhi 2 kali dari kebutuhan personil PPS. Sehingga harus ada 420 pelamar yang mendaftar. 

“Akan tetapi sampai batas akhir pendaftaran tidak terpenuhi dua kali kebutuhan dan kita lakukan perpanjangan pendaftaran selama 3 hari, ternyata belum juga terpenuhi, maka kami lakukan pemenuhan melalui mekanisme kerjasama,” terang Bagus Swandhita. 

Menurut Bagus Swandhita, dari 216 pelamar sebanyak 215 yang dinyatakan lolos administrasi dan 1 orang tidak lolos karena masuk dalam Sipol (sistem informasi partai politik). Sebanyak 215 orang itu selanjutnya berhak mengikuti CAT. Kemudian, dari 215 orang itu sebanyak195 dinyatakan lolos CAT dan berhak mengikuti tes wawancara.n nvi  

Komentar