nusabali

Panwascam Didominasi Wajah Lama

Diminta Lebih Maksimal Kawal Pilkada 2024

  • www.nusabali.com-panwascam-didominasi-wajah-lama

DENPASAR, NusaBali - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di tingkat kabupaten melantik Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang. Didominasi wajah lama, Panwascam yang akan bertugas kawal Pilkada Serentak diminta bekerja secara maksimal.

Di Kabupaten Buleleng, Bawaslu melantik 27 Anggota Panwascam di 9 kecamatan, Sabtu (25/5). Dari 27 orang yang dilantik didominasi wajah-wajah lama pada Pemilu 14 Februari 2024. 

Ketua Bawaslu Buleleng, I Kadek Carna Wirata mengungkapkan, setelah dilantik seluruh Panwascam langsung mengikuti bimtek (bimbingan teknis). Selanjutnya membentuk Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di 148 desa/kelurahan yang ada di Buleleng.

“Tugas pertama yang segera menyambut mereka ini yakni pengawasan pemutakhiran data pemilih. Tentunya karena hampir seluruh Panwascam yang dilantik hari ini sudah punya pengalaman banyak, kami berharap mereka dapat melakukan tugas dengan maksimal,” ucap Carna.

Foto: Pelantikan Panwascam se-Kabupaten Klungkung di Kawasan Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Sabtu (25/5). -IST

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Klungkung, I Komang Supardika melantik 12 Anggota Panwascam se-Kabupaten Klungkung, di sebuah hotel di Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Sabtu.

Pengambilan sumpah janji ‘Pengawal Demokrasi’ dalam Pilkada 2024 ini dirangkaikan dengan penandatanganan pakta integritas.

Supardika mengatakan, jabatan yang diemban Panwascam terpilih harus dipertanggungjawabkan pada diri sendiri, bangsa dan negara, serta Tuhan Yang Maha Esa. “Saya berharap dalam melaksanakan tugas tetap berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Supardika.

Sementara Anggota Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Ariyani yang hadir dalam pelantikan mengatakan, personel yang terpilih telah dipercaya untuk mengkawal demokrasi di Kabupaten Klungkung. Sehingga tidak pernah lelah untuk melakukan pencegahan, baik melalui surat atau sosialisasi. “Bangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat di wilayah masing-masing,” ujar Ariyani.

Foto: Pelantikan Panwascam se-Kabupaten Bangli di Museum Geopark Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Sabtu (25/5). -IST

Sementara di Kabupaten Bangli, Bawaslu melantik 12 anggota Panwascam untuk 4 kecamatan di Gumi Sejuk. Kegiatan pelantikan kemarin dihadiri  jajaran KPU Kabupaten Bangli, Badan Kesbangpol, para Camat, para Kapolsek se-Kabupaten Bangli, dan Danramil se-Kabupaten Bangli. 

Ketua Bawaslu Bangli, Nengah Muliarta mengatakan, 12 Anggota Panwascam yang dilantik terdiri dari 11 Anggota Panwascam eksisting (wajah lama,red) dan 1 Anggota Panwascam baru. Muliarta berharap Panwascam yang dilantik melaksanakan tugas secara maksimal dan ikuti regulasi. “Proses rekrutmen telah dilalui bersama, kemudian apa yang sudah diucapkan dalam sumpah janji agar dilaksanakan dan menjadi pedoman. Kemudian kita semua harus berpedoman dan berpatokan pada hukum yang berlaku baik Undang-Undang, PKPU dan Perbawaslu,” tegas Muliarta.

Muliarta, meminta Panwascam untuk segera berkoordinasi dengan stakeholder di tingkat kecamatan dalam rangka Pilkada Serentak 2024. k23,wan,esa 

Komentar