nusabali

Imbas WWF, Tanah Lot Kecipratan Kunjungan

  • www.nusabali.com-imbas-wwf-tanah-lot-kecipratan-kunjungan

TABANAN, NusaBali - Imbas World Water Forum (WWF) di Bali membuat DTW Tanah Lot di Desa Beraban, Kecamatan Kediri kecipratan kunjungan. Meskipun tak menjadi tujuan delegasi WWF, mantan Presiden Hungaria Janos Ader dan istri, Anita Herczegh, sempat berkunjung ke Tanahlot.

Dampak dari WWF ini juga berupa kunjungan secara total meningkat. Kunjungan pada hari biasa hanya 5.900 per hari. Sejak perhelatan WWF meningkat mencapai 6.400 orang per hari. 

Manager DTW Tanah Lot I Wayan Sudiana mengatakan WWF karena ada kunjungan wisatawan ke Tanah Lot, sejak saat itu kunjungan meningkat dibandingkan hari normal. "Kami sempat kedatangan mantan Presiden Hungaria Janos Ader bersama istrinya, Minggu (26/5). 

Meskipun terjadi peningkatan kunjungan wisatawan, namun masih terdapat masalah yang memerlukan perhatian serius. Keretakan pada tebing Batubolong, salah satu daya tarik utama di Tanah Lot, belum mendapatkan penanganan memadai.

“Hingga saat ini, belum ada kejelasan dari pihak berwenang terkait rencana perbaikan itu. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran, mengingat potensi bahaya yang dapat ditimbulkan jika keretakan tersebut tidak segera ditangani," imbuhnya.
 
Di sisi lain, upaya perbaikan dan renovasi di Tanah Lot juga berlanjut. Renovasi Pura Luhur Tanah Lot memang menghadapi tantangan berat, mengingat harus memperhitungkan siklus pasang surut air laut untuk pengangkutan material dan keperluan lainnya. 

Fasilitas penunjang seperti Bale Sakanem juga sedang diperbaiki untuk mendukung kegiatan umat dan pariwisata. Pihak pengempon menyatakan bahwa tahap pertama ini ditargetkan selesai dalam beberapa bulan ke depan, sebelum memasuki tahap berikutnya yang lebih kompleks dan memerlukan waktu lebih lama.7des

Komentar