nusabali

SMPN 2 Abang Loloskan 7 Siswa

Lomba Literasi Numerasi dan Festival Bahasa Ibu

  • www.nusabali.com-smpn-2-abang-loloskan-7-siswa

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 2 Abang, Karangasem, meloloskan tujuh siswa dalam seleksi Literasi Numerasi dan Festival Bahasa Ibu (FBI) se-Kecamatan Abang. Dari delapan nomor yang akan diperebutkan di tinkat kabupaten nanti, pembina dari Kecamatan Abang menunjuk salah satu siswa dari SMPN 1 Abang sebagai wakil Kecamatan Abang.

Seleksi diselenggarakan di SMPN 2 Abang, Banjar Kebon, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem, Sabtu (25/5). SMPN 2 Abang berhak mewakili Kecamatan Abang di tujuh nomor. Satu nomor yang diwakili SMPN 1 Abang, yakni nomor ngerupak (nulis aksara Bali).

Kasek SMPN 2 Abang Dr I Wayan Sarya memaparkan, tujuh anak didiknya yang dapat kepercayaan ke Lomba Literasi Numerasi dan Festival Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten Karangasem di SMPN 5 Amlapura, Sabtu (15 Juni 2024). Hal itu sesuai petunjuk teknis lomba yang telah disepakati panitia.

Ketujuh siswa dapat kepercayaan itu sesuai potensinya, nomor bebanyolan pasangan I Komang Pande Juniantara/Ni Kadek Heny, nomor sekar alit pasangan I Gede Nanda Mesiana/Ni Putu Anindya, baca puisi bahasa Bali dan bahasa Indonesia I Kadek Merdeka, ngerupak Ni Kadek Ratna Ananda Dwipaning, menulis cerpen bahasa Bali I Kadek Arya, membaca puisi Bali Ni Komang Aprilia Dewi dan menulis cerpen bahasa Bali Ni Nengah Nindi Ari Putri.

"Sementara kami merasa bangga mendapatkan kepercayaan itu, hasil pembinaan selama ini. Tetapi ke depannya menanggung beban, untuk memenangkan lomba tingkat kabupaten, makanya kembali kami melakukan persiapan optimal," jelas mantan Kasek SMPN 1 Manggis dan SMPN 5 Amlapura, tersebut.

Sebenarnya lanjut I Wayan Sarya, tujuan utama Lomba Literasi Numerasi dan FBI Karangasem, untuk meningkatkan proses pembelajaran, baik membaca, memahami, menyimak dan melatih mental buat para peserta, juga meningkatkan kreativitas dari para siswa untuk bisa berkreasi.

"Juga untuk meningkatkan rasa percaya diri kepada para peserta dan meningkatkan jati dirinya, di samping untuk melestarikan muatan lokal agar tidak punah," katanya. Juga untuk mengukur kualitas pendidikan literasi di Kecamatan Abang, sejauh mana telah tercapai selama beberapa tahun terakhir. 

Di bagian lain, Kasek SMPN 1 Abang I Gusti Bagus Putra mengakui, hanya satu siswa dapat kepercayaan sesuai penilaian para pembina, melalui nomor ngerupak. "Awalnya disepakati latihan bersama, selama latihan itu para pembina menilai potensi siswa yang layak mewakili Kecamatan Abang. Kami sudah berusaha, kami tetap menyukuri ada siswa dari SMPN 1 Abang dapat kepercayaan mewakili Kecamatan Abang," jelas I Gusti Bagus Putra, pendidik dari Banjar Selat Kelod, Desa/Kecamatan Selat.

I Gusti Bagus Putra mengapresiasi, untuk siswa yang mewakili Kecamatan Abang. Ini artinya pendidikan bidang literasi mulai meningkat di Kecamatan Abang. Jika semua sekolah berlomba untuk menang, secara tidak langsung pendidikan literasi semakin berkualitas.7k16

Komentar