nusabali

6 Siswa SD Lolos ke O2SN Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-6-siswa-sd-lolos-ke-o2sn-provinsi-bali

AMLAPURA, NusaBali - Enam siswa SD di Karangasem lolos ke O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) Provinsi Bali. Hasil ini setelah tuntas penyelenggaraan O2SN Kabupaten Karangasem, Sabtu (25/5). Tiap cabang olahraga hanya meloloskan dua atlet, putra dan putri. Setiap berlaga siswa wajib merangkap di semua nomor lomba atau pertandingan.

"Misalnya di cabang renang, siswa yang ikut seleksi O2SN Tingkat Kabupaten Karangasem wajib mengikuti di semua nomor dari 6 nomor yang dilombakan," jelas Kepala Bidang SD Disdikpora Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana di ruang kerjanya, Jalan Veteran Amlapura, Senin (27/5).

Keenam siswa yang lolos ke O2SN Tingkat Provinsi Bali, cabang renang putra I Kadek Bagus Laksana Prabawa dari SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem, putri Kadek Yanuar Subagiantari Dewi dari SDN 4 Jungutan, Kecamatan Bebandem, cabang atletik putra I Gede Ardika dari SDN 8 Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, atletik putri Ni Kadek Sonia Tiara Apriliya dari SDN 8 Tianyar Barat, Kecamatan Kubu.

Sedangkan di cabang karate putra I Gede Kevin Kusuma Wartana dari SDN 4 Subagan, Kecamatan Karangasem, dan di bagian putri Ni Made Ari Dwijayanti dari SDN 2 Kertabuana, Kecamatan Sidemen.

Begitu juga, jelas Jaya Arsana, untuk cabang atletik dan karate siswa wajib merangkap di berlomba di semua nomor. "Cabang atletik, mesti mengikuti nomor lari, lempar dan lompat. Begitu juga di cabang karate mesti ikut di nomor kumite, dan kata," tambahnya.

Target di O2SN Tingkat Provinsi, katanya, mesti ada yang keluar sebagai juara, sehingga bisa mewakili Bali untuk berlaga di O2SN Tingkat Nasional. "Kan telah optimal berlatih, tentu saja targetnya juara," jelas Jaya Arsana.

Siswa kelas III/A SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem Kadek Bagus Laksana Prabawa yang berhasil menyabet 4 medali emas cabang renang saat O2SN Tingkat Kabupaten Karangasem, mengaku optimis lolos ke OSN Tingkat Nasional. Terlebih lagi terus berlatih, dan secara teknis tidak menemui kendala.

"Dari awal tekad saya juara di O2SN Kabupaten, dan O2SN Provinsi, sehingga bisa lolos ke nasional," katanya.

Bagus Prabawa siswa asal Banjar Sadimara, Desa Ababi, Kecamatan Abang itu sendiri di O2SN Tingkat Kabupaten Karangasem menyabet medali emas di nomor gaya bebas 50 meter, gaya bebas 100 meter, gaya dada 100 meter dan gaya kupu-kupu 50 meter. Juga meraih medali perak di nomor gaya dada 50 meter dan gaya punggung 50 meter.

Pesaing terdekatnya juara II I Wayan Agus Janumerta dari SDN 1 Karangasem dan juara III I Gusti Agung Kesawa Darma Kusuma dari SDN 6 Karangasem.

Sedangkan rekannya Ni Luh Putu Bintang Pradnya Dewi kelas V hanya meraih medali perak gaya punggung 50 meter dan 3 medali perunggu dari gaya bebas 50 meter, gaya bebas 100 meter dan gaya kupu-kupu 50 meter.

Guru pembina Dewi Sumaidah dan Kasek SDN 4 Padangkerta, I Wayan Sarja mengapresiasi prestasi anak didiknya. "Saya berharap bisa lolos ke O2SN Tingkat  Nasional," harap I Wayan Sarja.7k16

Komentar