nusabali

90 Siswa SD Bertarung OSN Mapel IPA

  • www.nusabali.com-90-siswa-sd-bertarung-osn-mapel-ipa

AMLAPURA, NusaBali - OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Kabupaten Karangasem hari pertama, Senin (27/5), mata pelajaran (mapel) IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dengan peserta 90 siswa. Pelaksanaan OSN SD secara online di sekolah masing-masing.

OSN di SD Negeri 4 Subagan, Kecamatan Karangasem, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Senin (27/5) diikuti 4 siswa. "OSN SD pukul 08.00 Wita-10.00 Wita," jelas Kasek SDN 4 Subagan Ni Wayan Sri Widiantari, di sela-sela memantau pelaksanaan OSN.

Sri Widiantari menambahkan, OSN SD secara online, secara teknis tidak ada kendala dilaksanakan di ruang perpustakaan. Sebenarnya OSN kali ini, mengulang OSN SD yang sebelumnya dilaksanakan, 20-21 Maret.

Sebab saat itu ada gangguan dari server pusat, server Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) error. Sehingga diputuskan untuk pelaksanaannya diulang, sehingga kembali menghadirkan semua peserta OSN.

Sebelum OSN, kata Sri Widiantari, telah melakukan pembinaan optimal, berharap agar ada siswanya yang lolos ke OSN SD Tingkat Provinsi Bali, walau persaingan dirasakan cukup berat.

Sesuai agenda OSN Tingkat SD Provinsi Bali, yang dijadwalkan 19-20 Juni, dan tingkat nasional jadwalnya 5-11 Agustus, nantinya yang juara di tingkat nasional, diundang ke Istana Merdeka menghadiri puncak HUT ke-79 Republik Indonesia.

Di bagian lain, Kasek SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem I Wayan Sarja mengatakan, sebanyak 5 siswa mengikut OSN IPA, dan semuanya berjenis kelamin wanita. "Kebetulan yang lolos seleksi di sekolah, semuanya dari putri, memang kebanyakan dari putri yang berprestasi IPA di SDN 4 Padangkerta," jelas Sarja.

Sarja tetap berharap agar ada yang lolos mewakili Karangasem ke OSN SD Tingkat Provinsi Bali. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010, sehingga nantinya mampu menjaring siswa-siswa berbakat, yang mampu mengembangkan daya nalar, kreatif dan berkembang, serta berpikir kritis. Harapan ke depan mereka akan bisa tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian yang kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Ketua Panitia I Gusti Bagus Jaya Arsana mengatakan, minimnya peserta OSN SD mata pelajaran IPA sebanyak 90 siswa, karena sebelumnya banyak sekolah mengalami kendala saat daftar.

"Di Karangasem ada 365 SD Negeri, semuanya mendaftarkan siswanya, tetapi karena kroditnya server pusat, sehingga hanya sebanyak itu yang bisa diterima," kata I Guts Bagus Jaya Arsana yang juga Kepala Bidang SD Disdikpora Karangasem.

Mengenai target di PSN SD Tingkat Provinsi Bali, kata Bagus Jaya Arsana, targetnya juara. "Nantinya yang lolos ke OSN SD Tingkat Provinsi Bali, masing-masing mata pelajaran 5 orang, sesuai ranking," tambah mantan Sekcam Karangasem tersebut. OSN hari kedua, Selasa (28/5) mata pelajaran Matematika.7k16

Komentar