nusabali

DPMD Gianyar Optimalkan Peran BUMDes

  • www.nusabali.com-dpmd-gianyar-optimalkan-peran-bumdes

Masyarakat pekerja di desa bisa melakukan pembayaran iuran lanjutan BPJS Ketenagakerjaan di BUMDes.

GIANYAR, NusaBali
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Gianyar bersama BPJS Ketenagakerjaan melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara PT Mitra Gianyar Aman sebagai sistem agen dan menjadikan BUMDes agen perisasi BPJS Ketenagakerjaan di Hidden Canyon, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, belum lama ini. Perjanjian kerja sama ini dijalin beberapa hari lalu untuk mengoptimalkan perlindungan pekerja di desa. 

Menurut Kadis PMD Kabupaten Gianyar, Dewa Ngakan Ngurah Adi, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan di desa sangat disambut baik. Program ini dianggap sebagai salah satu pencegah terjadinya kemiskinan ekstrem di desa. Terutama jika terjadi risiko meninggal dunia bagi pekerja rentan sebagai tulang punggung keluarga. Dengan jaminan sosial ketenagakerjaan yang santunan kematiannya Rp 42 juga diyakini bisa membantu proses pengabenan dan meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. “Bapak Bupati memerintahkan Dinas PMD berkoordinasi ke BPJS Ketenagakerjaan terkait program kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan 100 pekerja rentan yang ada di desa,” jelasnya, Selasa (28/5). 

Ngurah Adi mengatakan, untuk tanggungan dari pemerintah desa melindungi selama 6 bulan. Setelah masa tanggungan berakhir peserta diwajibkan membayar mandiri. Maka dari itu, untuk mempermudah pekerja yang ada di desa mendaftar dan membayar iuran maka dibuatkan perjanjian kerja sama antara BUMDes dan BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran. “Masyarakat pekerja yang ada di desa bisa melakukan pembayaran iuran lanjutan BPJS Ketenagakerjaan bisa dibayarkan melalui agen perisai desa yakni BUMDes,” terangnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gianyar Pandu Aria menambahkan, untuk mempermudah pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja di desa upaya ini diambil untuk setidaknya masyarakat lebih mudah dalam proses pembayaran iuran lanjutan. BUMDes selaku badan usaha milik desa juga bisa berperan serta untuk proses pendaftaran sampai pembayaran iuran sehingga mendukung peningkatan pendapatan desa. “Hal-hal yang dapat dirasakan pekerja rentan ikut program ini di antaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem, dan menjaga keberlangsungan pendidikan anak ahli waris jika meninggal dunia,” tegas Pandu. 7 nvi

Komentar