nusabali

Saat Melintas, Carry Terbakar di Bungaya Kangin

  • www.nusabali.com-saat-melintas-carry-terbakar-di-bungaya-kangin

AMLAPURA, NusaBali - Mobil Suzuki Carry DK 1044 DI dikemudikan I Wayan Sumadana,42, dari Banjar Kubupangi, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem,  terbakar saat melintas di Banjar Abiansoan, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Selasa (28/5) pukul 05.55 Wita. Korban yang juga sopir, langsung melompat menyelamatkan diri.

Korban mengalami luka bakar pada bagian siku dan lutut kanan. Dalam mobil itu ada pedagang Ni Wayan Murti dari Banjar Kubupangi, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, juga berupaya menyelamatkan diri.

Petugas di SPBU Banjar Abiansoan, I Komang Winarta yang melihat kejadian itu, langsung melaporkan ke Pos Pemadam Kebakaran, Jalan Gunung Agung, Amlapura. Sebab, kebakaran di dekat SPBU agar kobaran api tidak meluas.

Laporan diterima petugas jaga regu 3 I Made Jati Artana, kemudian berkoordinasi dengan Kasi PKPE (Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi) Dinas Pemadam Kebakaran I Wayan Putu Darma Kartika

Putu Darma Kartika kemudian mengoordinasikan 11 anggotanya, langsung bergerak melakukan  pemadaman hingga pendinginan terhitung menghabiskan 11.000 liter air.

Hasil olah tempat kejadian perkara dilakukan petugas pemadam kebakaran, kerugian diperkirakan hingga Rp 30 juta, karena seluruh bodi kendaraan ludes terbakar. Penanganan itu dengan cepat dilakukan sehingga kebakaran tidak meluas menyasar satu unit bangunan rumah yang ada di dekat lokasi kejadian.

Saksi Ni Wayan Murti menuturkan, korban awalnya berangkat dari rumahnya Banjar Kubupangi, Desa Jungutan ke Pasar Amlapura dari rumahnya pukul 05.00 Wita, sekembali dari Pasar Amlapura kemudian saat melintas di Banjar Abiansoan, tiba-tiba muncul bunyi ledakan disertai percikan api. Menyusul dengan cepat muncul kobaran api dari mesin kendaraan, lalu membakar satu unit mobil Suzuki Carry tersebut.

Selanjutnya korban I Wayan Sumadana dilarikan ke RS BaliMed Amlapura diberikan pertolongan, di RS BaliMed ditangani dr I Made Purnama dari Banjar Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat.

Sedangkan saksi I Komang Winarta sendiri mengaku tidak mengetahui penyebab kebakaran itu, dia langsung menyaksikan kobaran api membakar 1 unit kendaraan Suzuki Carry. "Saya sendiri tidak tahu penyebabnya, kebetulan saya lihat ada kebakaran dari lokasi kerja di SPBU Banjar Abiasoan, langsung melaporkan ke petugas pemadam kebakaran agar cepat dapat penanganan," jelas saksi I Komang Winarta.

Putu Darma Kartika yang memimpin penanganan hingga bolak-balik mengambil air agar cepat apinya padam. "Saya juga tidak tahu penyebab kebakaran itu, saya dapat laporan kendaraan Suzuki Carry itu yang hendak melintas ke Banjar Kubupangi, Desa Jungutan, ke arah barat dari jalur Amlapura, di tengah perjalanan mobilnya terbakar," kata Putu Darma Kartika.

Sedangkan sopir Suzuki Carry lanjut Putu Darma Kartika telah dapat pertolongan warga, yang bagian tangan kanannya mengalami luka bakar.

Syukurnya katanya, tempat mengambil air dekat dari lokasi kejadian, sehingga penanganan lebih cepat bisa dilakukan. Meski demikian sempat kesulitan mengendalikan kobaran api, karena di dalam mobil itu yang terbakar bukan saja bagian jok, dan lantai, juga tanki berisi bahan bakar yang menyebabkan kobaran apinya cukup besar.7k16

Komentar