nusabali

Genjot Rekrutmen 133 PKD Pilkada 2024

Panwascam Tabanan Tancap Gas

  • www.nusabali.com-genjot-rekrutmen-133-pkd-pilkada-2024

TABANAN, NusaBali - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tabanan tancap gas dalam tahapan Pilkada Serentak 2024 dengan mulai melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD). Rekrutmen dilakukan serentak di 10 kecamatan di Kabupaten Tabanan. Total ada 133 PKD yang bakal direkrut untuk mengawal pelaksanaan coblosan di tingkat desa tersebut.

Anggota Panwascam Kediri, Dewa Made Tjahyadi mengatakan, rekrutmen digenjot dengan proses dan mekanisme yang ada. Sesuai tahapan, Bawaslu sudah melakukan wawancara sejak Senin (27/5). “Untuk di Kecamatan Kediri saja, wawancara sudah selesai dilaksanakan di 15 desa/kelurahan,” ujar Tjahyadi, di Tabanan, Selasa (28/5). 

Kata dia, tak hanya di Kediri saja, hampir di seluruh desa di Tabanan telah selesai melakukan tes wawancara. Proses rekrutmen lebih cepat karena hampir semua pelamar PKD yang mendaftar merupakan anggota PKD yang juga terlibat pada Pemilu Legislatif 14 Februari 2024 lalu. Artinya, mereka memiliki pengalaman dalam kepemiluan. “Karena soal tugas mereka sudah paham. Termasuk risiko dan bagaimana melakukan pola pengawasan,” tegas Tjahyadi.  

Sementara itu, Ketua Bawaslu Tabanan I Ketut Narta menyebutkan, secara menyeluruh tidak ada persoalan pada proses rekrutmen PKD. “Dari hasil monitoring berjalan efektif,” ujar Narta. 

Bawaslu Tabanan berencana akan melakukan pelantikan serentak terhadap calon Anggota PKD yang lolos seleksi. Setelah itu, PKD yang berjumlah sebanyak 133 orang ini akan langsung bertugas untuk  mengawal proses pemutakhiran data pemilih. “Kerjanya bersama dengan PPS di desa,” tandas Narta. des

Komentar