nusabali

Balita di Gianyar Dapat Bantuan PKK Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-balita-di-gianyar-dapat-bantuan-pkk-provinsi-bali

Paket bantuan berisi beras 10 kg, susu 6 kotak, telur 1 krat, sikat dan pasta gigi 1 set.

GIANYAR, NusaBali
Tim Penggerak PKK Provinsi Bali menggelar aksi sosial yang dipusatkan di Wantilan Banjar Temesi, Desa Temesi, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Kamis (30/5) pagi. Kegiatan ini bertajuk ‘Berkunjung dan Berbagi’. Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny Drg Ida Mahendra Jaya menyerahkan paket bantuan yang berisi beras 10 kg, telur 1 krat, susu 6 kotak, sikat dan pasta gigi pada balita dengan gejala gangguan tumbuh kembang berisiko stunting 48 orang dan balita stunting 1 orang.

Ny Mahendra juga menyerahkan 50 paket yang berisi olahan ikan (abon ikan 100 gram, bakso ikan 500 gram, ikan kembung 1.000 gram, dan lele siap goreng 1.000 gram). Penyerahan simbolis 40 paket yang berisi olahan ikan kepada anak TK Santhi Kumara Desa Temesi. Penyerahan simbolis bantuan 500 butir telur dan 500 pohon bibit cabe, penyerahan simbolis 10 paket bantuan kebutuhan balita (popok, susu, snack bayi dan minyak urut bayi), dan penyerahan simbolis 9 paket bantuan CSR PT Bank BPD Bali.


Aksi sosial ini juga diisi dengan berbagai kegiatan, mulai Posyandu, pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat, serta penyuluhan stunting oleh Kadis Kesehatan Provinsi Bali Dr dr I Nyoman Gede Anom MKes. dr Anom menyampaikan, pencegahan stunting menjadi program prioritas. Mencegah terjadinya kondisi gagal tumbuh kembang akibat kekurangan gizi kronis dalam 1.000 hari pertama kehidupan, baik fisik maupun otak (mental). “Stunting adalah gagal dalam pertumbuhan dan perkembangan anak,” ungkap Ny Mahendra.

Menurut Ny Mahendra, pencegahan stunting dapat dilakukan mulai dari masa remaja sang ibu, ketika kawin dan hamil, maupun ketika anak sudah lahir. Ny Mahendra mengatakan, kegiatan berkunjung dan berbagi di Kabupaten Gianyar menyasar balita dengan gejala gangguan tumbuh kembang berisiko stunting dan balita stunting. Memberikan paket bantuan yang berisi beras 10 kg, susu 6 kotak, telur 1 krat, sikat dan pasta gigi 1 set. “Kepada OPD terkait di Provinsi Bali dan PT Bank BPD Bali yang telah berkolaborasi, saya menyampaikan terima kasih dan semoga selalu dapat bersinergi untuk bersama-sama bergerak ‘ngerombo’ ikut serta dalam kegiatan pencegahan stunting ini,” kata Mahendra Jaya.


Pengurus Tim Penggerak PKK maupun pihak-pihak terkait lainnya, dia meminta berpartisipasi aktif memonitor dan mengawal tumbuh kembang anak yang ada di wilayahnya dengan mengoptimalkan pelayanan dasar di Posyandu sehingga dapat membantu deteksi dini dalam pencegahan terjadinya stunting pada balita.

Penjabat Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa mengatakan, keluarga dapat menjadi barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya. “Program dan kegiatan PKK merupakan bagian dari pembangunan nasional yang perlu terus dipacu dan dipercepat sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat,” kata Dewa Tagel Wirasa. @ nvi

Komentar