nusabali

STY Fokus Tempa Fisik Pemain

Laga Ujicoba Indonesia-Tanzania, Minggu Sore

  • www.nusabali.com-sty-fokus-tempa-fisik-pemain

Daripada analisa tim Tanzania, saya fokus kepada fisik atau kondisi para pemain seperti apa. Jadi, saya akan lebih fokus kepada permainan kita sendiri (Timnas Indonesia) seperti apa melawan Tanzania nanti.

JAKARTA, NusaBali
Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong (STY) fokus menempa fisik pemain saat pertandingan ujicoba melawan timnas Tanzania. Menurut STY, laga tersebut difokuskan untuk mengembalikan kondisi fisik dikarenakan sejumlah pemain baru menjalani masa liburan.

Ya, skuad Garuda akan menjalani laga ujicoba melawan Tanzania, di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6), pukul 17.00 WITA. Laga tersebut rangkaian persiapan timnas menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjamu Irak pada Kamis (6/6) dan Filipina, Selasa (11/6).

"Mungkin, daripada persiapan atau analisa tim Tanzania, saya akan fokus kepada fisik atau kondisi para pemain seperti apa. Jadi, saya akan lebih fokus kepada permainan kita sendiri (Timnas Indonesia) seperti apa melawan Tanzania nanti," ujar STY,  dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (1/6).

STY juga menjelaskan laga tersebut tidak berpengaruh pada peringkat FIFA karena tidak ada penghitungan poin. Dalam laga tersebut kedua tim juga diperbolehkan melakukan enam pergantian pemain. Apalagi laga itu memang dikhususkan memberikan menit bermain agar kondisi fisik para pemain kembali di level pertandingan.

"Seperti yang saya katakan, semua fokus lawan Irak pada 6 Juni karena para pemain banyak yang istirahat dan liburan. Jadi, besok hanya cek kondisi para pemain seperti apa. Tidak akan fokus sama sekali terhadap hasil pertandingan. Jadi, mohon jangan melihat hasil seperti apa dan berharap hasilnya bagus," kata STY.

Hal senada juga diungkapkan bek timnas Indonesia Shayne Pattynama, yang menilai ujicoba bagus untuk tim Garuda. Sebab ujicoba lawan tim peringkat 119 dunia itu bagian persiapan dan bagus untuk mengukur kekuatan Timnas.

“Jadi, kita bisa bersiap untuk laga selanjutnya (lawan Irak dan Filipina). Tentu saja, ini bisa jadi persiapan, melihat taktik, melihat kondisi tubuh kami, dan mencoba hal-hal lain. Itu bagus,” kata Shayne.

Di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Indonesia saat ini di posisi kedua Grup F dengan tujuh poin. Indonesia terpaut lima poin dari Irak dan unggul empat poin dari Vietnam di posisi ketiga. Satu kemenangan lawan Irak atau Filipina cukup membuat skuat Garuda lolos ke putaran ketiga.

Shayne yang mencetak satu gol pada laga perdana lawan Irak di Basra, juga tak peduli siapa yang mencetak gol pada dua laga melawan Irak dan Filipina karena yang terpenting bisa menang.

Jelang laga tersebut STY mencoret Yance Sayuri, karena cedera saat latihan pada Selasa (28/5). Yance Sayuri beberapa kali mengalami kesialan saat dipanggil Timnas. Sebelumnya, dia juga pernah gagal masuk Skuad Garuda karena cedera.

Sebagai ganti Yance Sayuri, STY memanggil winger Madura United, Malik Risaldi. Pada musim ini pemain kelahiran Surabaya itu mencetak 13 gol dan 4 assists dari 35 penampilannya di Liga 1 2023/2024.

Selain itu, STY juga memanggil kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata. Pasalnya, stok kiper Skuad Garuda masih menyisakan satu, setelah Martin Paes masih bisa bergabung karena menunggu keputusan Sidang Pengadilan Arbitrasi Olahraga.

STY juga mengkonfirmasi Jordi Amat bisa tampil melawan Tanzania. Meski baru gabung skuad Garuda pada Jumat (31/05), Jordi Amat siap turun ke lapangan. Namun STY mengatakan, Justin Hubner yang bergabung pada Sabtu masih menunggu keputusan dari hasil diskusi bersama untuk diturunkan menghadapi Tanzania. ant

Komentar