nusabali

Jelang HUT ke-62, Bank BPD Bali Sabet ‘The Best Regional Champion’

  • www.nusabali.com-jelang-hut-ke-62-bank-bpd-bali-sabet-the-best-regional-champion

MANGUPURA, NusaBali - The Asian Post yang merupakan bagian dari Majalah Infobank kembali memberikan penghargaan kepada Bank BPD Bali. Atas kinerja cemerlang dalam pengelolaan keuangan, Bank BPD Bali meraih penghargaan Golden Champion Excellent Financial Performance in 5 Consecutive Years 2019-2023.

Penghargaan ini diserahkan oleh wakil ketua komisi XI DPR RI bersama anggota kepada Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma saat acara Goverment Champion Forum 2024 yang bertajuk "Agility BUMD Keuangan di Tengah Ketidakpastian Ekonomi" pada Jumat, 31 Mei 2024 di The Stones Hotel Kuta, Badung.

"Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Bank BPD Bali dan sebagai penggerak ekonomi daerah kami akan terus berupaya untuk mendorong peningkatan  perekonomian daerah. Penghargaan ini sekaligus juga menjadi hadiah ulang tahun ke-62 untuk Bank BPD Bali," tutur I Nyoman Sudharma, SH,MH.

Peran BPD sebagai penggerak ekonomi daerah semakin penting dan diperlukan. Sebagai institusi perbankan, BPD telah banyak mendorong perekonomian daerah melalui fungsi intermediasi yang dijalankan.

Hal ini disampaikan oleh Frederica Widyasari Dewi, selaku Kepala Eksekutif Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ia menjelaskan, dalam menjalankan fungsi intermediasi, BPD dapat lebih meningkatkannya. Demikian juga dengan peningkatan pembinaan dan pendampingan kepada UMKM serta peningkatan literasi keuangan masyarakat daerah.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan Subchi menyatakan, tak ada faedahnya pertumbuhan ekonomi yang tinggi, bila tak ada manfaatnya untuk masyarakat. Lebih lanjut, Fathan menjelaskannya dengan istilah pertumbuhan yang berkeadilan.

Fathan juga menjelaskan bahwa bank pembangunan daerah (BPD) harus tetap independen serta bebas dari intervensi pihak-pihak yang berkepentingan.

“Ini wajib kita jaga karena memang napas BPD adalah napas untuk pembangunan daerah, walaupun ada beberapa atensi-atensi pemimpin daerah yang juga menjadi jeratan dari pemilik saham itu. Jadi, saya kira BPD harus inovasi, digitalisasi, kolaborasi, dan lain sebagainya, sehingga itu bisa menjadi salah satu jalan keluar dari situasi yang berkembang saat ini,” pungkasnya.

Dalam upaya peningkatan literasi nasional, Infobank juga menyelenggarakan kegiatan literasi dan edukasi keuangan pada tanggal 31 Mei 2024 bertempat di Gedung Mario, Tabanan, Bali. Dalam kesempatan tersebut, Bank BPD Bali turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut guna mewujudkan  keuangan Indonesia yang semakin inklusif. 7

Komentar