Forum Konsultasi Pelayanan Publik Samsat Gianyar Menuju Layanan Prima
Pelayanan Publik
UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah
Tjok Istri Srimas Pemayun
Menteri Aparatur Negara
GIANYAR, NusaBali - UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Gianyar (Kantor Bersama Samsat Gianyar) menggelar Forum Konsultasi Pelayanan Publik 'peningkatan pelayanan publik dari survei kepuasan masyarakat', Selasa (4/6) pagi.
Forum Konsultasi Pelayanan Publik dihadiri Ombudsman RI Perwakilan Bali, Bapeda Provinsi Bali, Biro Organisasi Provinsi Bali, Inspektorat Provinsi Bali, Satlantas Polres Gianyar, Jasa Raharja, akademisi Warmadewa, perbankan, wajib pajak pengguna layanan, media massa, LSM, dan undangan lainnya.
Plt Kepala UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Gianyar Tjok Istri Srimas Pemayun mengatakan forum ini untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Samsat Gianyar. Mengidentifikasi keluhan masyarakat guna peningkatan kualitas pelayanan publik. Pada Tahun 2023, Samsat Gianyar menerima penghargaan MenpanRB sebagai unit penyelenggara pelayanan publik kategori sangat baik. "Tahun 2024 ini Samsat Gianyar kembali ditunjuk sebagai lokus untuk kategori layanan Prima," jelas Tjok Srimas.
Tjok Srimas mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 memuat 9 unsur penilaian pelayanan publik di antaranya persyaratan, prosedur, kecepatan, kewajaran, kesesuaian, kemampuan petugas, kesopanan, keramahan, dan kualitas pelayanan. Penilaian dilakukan terhadap 17 jenis produk yang dilayani Samsat Gianyar. Di antaranya BBNKB I, BBNKB II, pengesahan STNK tiap tahun, perpanjangan STNK 5 tahun, kendaraan bermotor STNK rusak atau hilang, hingga pajak air permukaan.
Dari hasil survei kepuasan masyarakat terhadap jenis layanan ini akan dirangkum dan dijadikan bahan evaluasi bersama. "Evaluasi ini akan mencari solusi agar keinginan masyarakat terpenuhi sesuai harapan," jelas Tjok Srimas.
Hasil survei terhadap 385 responden, dominan menginginkan proses pelayanan dipermudah, perbanyak petugas cek fisik dan tidak terlalu lama menunggu di bagian pendaftaran dan penyerahan STNK. Ada pula yang menginginkan pengadaan kembali ATM dan ruang pelayanan yang nyaman dan dilengkapi wifi. 7 nvi
1
Komentar