nusabali

Megawati Batal Resmikan Kantor DPC PDIP Gianyar

Mahayastra: Di-reschedule kembali

  • www.nusabali.com-megawati-batal-resmikan-kantor-dpc-pdip-gianyar

GIANYAR, NusaBali - Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri batal meresmikan Kantor Sekretariat DPC PDIP Gianyar yang sebelumnya diagendakan, Rabu (5/6) hari ini. Presiden ke-5 RI ini dikabarkan telah bertolak dari Pulau Bali pada, Selasa (4/6) siang.

Pembatalan peresmian ini terkonfirmasi lewat pesan berantai melalui Whatsapp perihal surat permakluman kepada instansi terkait. Surat yang ditandatangani Ketua DPC PDIP Gianyar I Made Mahayastra dan Sekretaris DPC Ketut Sudarsana ini menyebutkan ada hal di luar prediksi yang tidak dapat dihindari. “Maka bersama ini kami permakluman bahwa acara peresmian gedung sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Gianyar yang sedianya dilaksanakan Rabu 5 Juni akan dijadwalkan ulang,” demikian isi surat permakluman ini. Ketua DPC PDIP Gianyar Made Mahayastra saat dikonfirmasi terkait hal ini tak menampik situasi tersebut. 

"Nggih. Di-reschedule kembali," ujarnya. Namun meskipun batal, sepanjang ruas jalan dari Jalan Raya Sakah sampai Jalan Bypass Dharmagiri Gianyar dibuat merah dengan pemasangan bendera partai PDIP. Rencana penyambutan Megawati pun sudah digarap maksimal dengan menampilkan tarian, baleganjur dan adi merdangga. 

Sebelumnya diberitakan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri punya agenda bertandang ke Gianyar dalam waktu dekat. Presiden RI ke 5 itu bakal meresmikan Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Gianyar di Jalan Banteng, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh. Peresmian ini istimewa karena butuh waktu sekitar 2 tahun lamanya menunggu kesediaan Megawati menginjakkan kaki di kandang Banteng Gianyar ini. Sekretariat ini telah rampung tahun 2022 lalu dan sudah biasa disesaki para kader dalam berbagai kegiatan politik. 

Ketua DPC PDIP Gianyar, I Made ‘Agus’ Mahayastra saat dikonfirmasi membenarkan kabar gembira ini. Bupati Gianyar periode 2018-2023 itu mengatakan, peresmian diagendakan pada Rabu (5/6). Penyambutan Megawati akan disiapkan secara khusus. "Sedang dibahas, nanti akan disampaikan," jelasnya. Mahayastra menjelaskan, kantor baru DPC PDIP Gianyar ini tidak hanya untuk kegiatan ataupun rutinitas kepengurusan DPC saja. Namun, disiapkan juga ruangan khusus untuk PAC yang ada di Gianyar. "Kantor masing-masing kecamatan wajib ada. Hanya saja kita siapkan satu ruangan khusus untuk memperlancar koordinasi," ujar Mahayastra beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut ia mengatakan jika ruangan khusus itu dapat dimanfaatkan untuk menggelar rapat atau diskusi ketika ada perhelatan politik. "Kalau dulu saat hajatan politik, biasanya selalu kita siapkan ruangan sementara, tapi sekarang kita siapkan satu ruangan," lanjutnya. Kantor Sekretariat DPC PDIP Gianyar iti sendiri mulai dibangun sejak bulan April 2020 lalu dan rampung di tahun 2021 dengan anggaran Rp 7,8 miliar. Anggaran tersebut datang dari hasil gotong royong dan iuran para anggota. Awalnya jadwal peresmian akan dilaksanakan di Bulan Oktober 2022, karena kesibukan ketua umum, peresmian pun harus ditunda. 

Kantor DPC PDIP Gianyar ini pun diklaim sebagai kandang banteng termegah di Bali ini. Kantor tersebut memilik 3 lantai lengkap dengan fasilitas lift untuk menuju setiap lantai. Lantai satu sebagai loby terdiri beberapa ruangan, ruangan ketua DPC, Sekretaris, dan Sekretariat. Lantai dua ada ruangan PAC, dan lantai tiga aula untuk pertemuan sekala besar. Pada ruangan-ruangan tersebut telah dilengkapi forniture. Sementara Ornamen luar kantor berlapiskan batu pada khas jogja berwarna putih. Lantainya menggunakan keramik. 7 nvi

Komentar