nusabali

Pembuang Sampah di Perum Pasraman Unud Masih Misterius

LPM Jimbaran Usulkan Pasang CCTV

  • www.nusabali.com-pembuang-sampah-di-perum-pasraman-unud-masih-misterius

MANGUPURA, NusaBali - Keberadaan sampah yang menumpuk di beberapa titik di Jalan Perum Pasraman Unud, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, kini jadi perhatian serius pihak terkait. Pasalnya, oknum pembuang sampah seperti tak mengindahkan adanya peraturan yang melarang membuang sampah sembarangan.

Hingga kini pun siapa pelaku yang seenaknya membuang sampah sembarangan, belum diketahui. Tak ayak muncul usulan pemasangan kamera pemantauan (CCTV) guna mengawasi oknum yang melakukan pembuangan sampah sembarangan di sekitar area tersebut. “Kalau ketemu dan terbukti tentu kita akan tindak, itu kan bentuk kejahatan terhadap lingkungan dan ketidakpedulian terhadap kesehatan,” tegas Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta, Selasa (4/6).

Gede Arta menjelaskan, faktor rendahnya kesadaran dan minimnya pemukiman di sekitar area Perumahan Pasraman Unud disinyalir menjadi penyebab oknum seenaknya membuang sampah sembarangan. Kendati telah dilakukan pemantauan oleh petugas, namun lantaran keterbatasan personel, sehingga belum bisa maksimal. Alhasil masih banyak sampah menumpuk di beberapa titik.

Sementara, Ketua LPM Jimbaran Made Dharmayasa, menegaskan telah memasang spanduk peringatan larangan membuang sampah sembarangan, namun spanduk tersebut kini hilang. Dia pun sependapat jika ada usulan pemasangan CCTV di beberapa titik. “Kalau hanya sekadar larangan atau imbauan itu tidak dihiraukan. Setidaknya kalau dipasang CCTV, bisa membantu mengawasi oknum yang membuang sampah sembarangan,” katanya.

Selain itu, Dharmayasa juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, dia menilai sebagai daerah pariwisata sudah sepatutnya lingkungan sekitar bersih tanpa sampah yang berserakan di pinggir jalan. “Marilah bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Karena daerah kita adalah daerah pariwisata, jadi menjadi cerminan atau wajah pariwisata agar tetap bersih,” katanya. 7 ol3

Komentar