nusabali

Badung Pertimbangkan Pakai Starlink

Atasi Kabel Provider Semrawut

  • www.nusabali.com-badung-pertimbangkan-pakai-starlink

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung mempertimbangkan akan menggunakan starlink milik Elon Musk untuk mengatasi tiang dan kabel-kabel provider yang semrawut. Niat ini senada dengan rencana Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang akan mengadopsi starlink.

Selama ini keberadaan tiang dan kabel-kabel provider jaringan internet di Kabupaten Badung kerap dikeluhkan masyarakat lantaran terkesan semrawut. Masyarakat kerap beriniastif merapikan dengan mengikat kabel yang melintang, seperti dilakukan warga Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta yang merapikan kabel provider dengan mengikatnya menggunakan tali plastik.

Ada juga penataan kabel provider yang sempat dilakukan Pemerintah Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, karena pemasangan tiang ISP yang kurang memperhatikan estetika kawasan. Bahkan, pihak desa meminta petugas yang sedang bekerja untuk membongkar kembali tiang tersebut dan meminta pemilik provider berkoordinasi ke kantor desa sebelum melakukan pemasangan.

“Kami memang memiliki rencana untuk mengkaji pemanfaatan starlink, sehingga kami akan mengundang pihak starlink untuk mencari tahu layanan apa saja yang diberikan,” ujar Kepala Diskominfo Badung IGN Jaya Saputra, Selasa (4/6).

Menurutnya, layanan internet starlink berbeda dengan layanan internet berbasis fiber optik pada umumnya. Perbedaannya, layanan internet starlink tak membutuhkan perantara kabel lantaran berbasis satelit. Dengan berbasis satelit, cara ini diyakini akan mampu mengatasi masalah kabel provider semrawut.

“Rencana besok kami menjajagi starlink tapi melalui zoom meeting. Kami akan diskusi dengan perwakilan mereka, baik dari segi perizinan, kalayakan opersional, model-model kerja sama yang ditawarkan dan lainnya,” jelas mantan Camat Mengwi ini. 

Diberitakan sebelumnya, CEO SpaceX, Tesla, dan X (dulu Twitter) Elon Musk bersama Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin secara resmi meluncurkan Starlink di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sumerta Kelod, Kota Denpasar pada Minggu (19/5) sore. Peluncuran ditandai dengan penandatanganan kerjasama, dilanjutkan dengan pemaparan tentang layanan pemeriksaan USG ibu hamil, layanan imuniasi dengan sartifikat digital, serta showcase pelayanan melalui video conference Puskesmas Pembantu Kabupaten Klungkung, Bali dan Puskesmas Pembantu Kabupaten Aru, Maluku.

Elon Musk mengatakan bahwa konektivitas yang salah satunya menggunakan jaringan internet sangatlah penting. Kehadiran internet dapat membawa dampak yang signifikan pada perekonomian suatu daerah. Dia menyontohkan bahwa melalui internet, masyarakat di pedesaan bisa menjual produk atau jasa secara online kepada konsumen di dunia. Selain itu, dengan internet, seseorang dapat belajar berbagai hal secara mudah dan cepat.

“Jika Anda memiliki barang atau jasa yang ingin Anda jual kepada dunia, meskipun Anda berada di desa terpencil, lakukanlah dengan koneksi internet. Jadi bisa membawa banyak kemakmuran, dan dengan konektivitas internet, Anda dapat belajar kapan saja,” kata Elon Musk. 7 ind, mis

Komentar