nusabali

Gelombang Tinggi Terjang Pantai Kuta

Kondisi Ini Diprediksi Akan Berlangsung hingga Tiga Hari ke Depan

  • www.nusabali.com-gelombang-tinggi-terjang-pantai-kuta

BBMKG Wilayah III Denpasar imbau masyarakat waspada dan selalu memperhatikan informasi peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem.

MANGUPURA, NusaBali - Gelombang tinggi diperkirkakan hingga 3 meter menerjang Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Badung pagi ini, Rabu (14/3) sekitar pukul 08.00 Wita hingga siang sekitar pukul 11.00 Wita. Akibat terjangan gelombang tinggi itu sempat membuat pengunjung panik, begitu pula para pedagang ikut panik dan berusaha menyelamatkan barang dagangannya.

Menurut Made Oka Adnyana, selaku Koordinator Regu 4 Satgas Pantai Kuta, terjangan gelombang tinggi yang terjadi kemarin cukup ekstrem, sebab hingga masuk ke parkiran Kantor Satgas Pantai Kuta. “Kondisi ombak besar baru hari ini (kemarin) terjadi tadi dari pukul 08.00 Wita hingga siang sekitar pukul 11.00 Wita. Ombak besar sampai di parkiran Kantor Satgas Pantai Kuta,” ujarnya.

Dampak dari terjangan gelombang tinggi ini masih terus diawasi oleh Satgas Pantai Kuta. Pihaknya berupaya memberikan pengumuman lewat pengeras suara kepada wisatawan yang berkunjung agar waspada. Gelombang tinggi yang diperkirakan berlangsung selama tiga hari ke depan ini tak hanya terjadi di Pantai Kuta, melainkan merata di kawasan pantai di Badung. Oleh karena itu, Satgas Pantai Kuta mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan tidak berenang di pantai selama periode tersebut.

“Kondisi pedagang sama wisatawan masih kami atensi, masih jaga-jaga dan tetap kita himbau kepada pedagang dan pengunjung pantai tetap waspada saja dengan pengeras suara,” tegas Made Oka.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho, mengatakan kondisi tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0,25 hingga 1,25 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 1 hingga 3,5 meter, di selat Bali berkisar antara 0,5 hingga 3 meter dan di sela Lombok berkisar antara 0,5 hingga 3 meter. “Kondisi ini diprediksi akan berlangsung hingga tiga hari ke depan, namun tinggi gelombang di perairan selatan Bali berbeda bisa mencapai 0,75 hingga 3 meter,” jelasnya.

Cahyo meminta masyarakat untuk waspada potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di selat Bali bagian selatan, selat Badung, selat Lombok, perairan selatan Bali, dan Samudera Hindia selatan Bali. “Masyarakat umum, nelayan, dan pelaku kegiatan wisata bahari diimbau mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di perairan selatan Bali dan selalu memerhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem,” imbaunya. 7 ol3

Komentar