nusabali

Disbud Klungkung Akan Bangun Kantor Baru

  • www.nusabali.com-disbud-klungkung-akan-bangun-kantor-baru

SEMARAPURA, NusaBali - Dinas Kebudayaan (Disbud) Klungkung akan membangun kantor baru di lahan parkir Dinas Kebudayaan. Kantor saat ini masih satu areal dengan Museum Semarajaya.

Kadis Kebudayaan Klungkung, I Ketut Suadnyana, mengatakan akan membuat dokumen perencanaan kantor dengan anggaran sebesar Rp 100 juta. “Semoga disetujui oleh Bapak Pj Bupati Klungkung,” ujar Suadnyana, Rabu (5/6).


Sebagai museum tipe A, maka Museum Semarajaya harus bebas dari pemanfaatan di luar museum. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI akan melakukan evaluasi terhadap catatan tersebut pada tahun 2025 mendatang. “Sekarang museumnya masih berbagi dengan Dinas Kebudayaan dan itu sebenarnya tidak boleh," kata Suadnyana.

Jika catatan-catatan terhadap Museum Semarajaya tidak kunjung dipenuhi hingga waktu evaluasi, tipe Museum Semarajaya terancam diturunkan. Tentu berdampak pada dana alokasi khusus (DAK) yang didapat museum. "Semakin tinggi tipe sebuah museum semakin besar DAK yang diperoleh," ujar Suadnyana.

Museum Semarajaya berstatus tipe C, DAK yang diperoleh Rp 700 juta, kini dengan tipe A, DAK yang didapat berkisar Rp 1,2 miliar. "Museum tipe A merupakan museum dengan standar sangat baik, tipe B merupakan museum dengan standar baik, dan tipe C merupakan museum dengan standar cukup," ujarnya. 7 wan

Komentar