nusabali

Tahun 2024, Pemkab Perbaiki 5 Titik Irigasi

  • www.nusabali.com-tahun-2024-pemkab-perbaiki-5-titik-irigasi

TABANAN, NusaBali - Tahun 2024, ada lima titik saluran irigasi di Tabanan, salah satunya karena rusak akibat bencana alam, akan diperbaiki ohe Pemkab setempat. Proyek ini kini dalam proses pengadaan.

Lima titik saluran dimaksud, yakni irigasi Gunung Subamia di Kecamatan Tabanan, irigasi Gubug Kecamatan Tabanan, irigasi Penyalin Kecamatan Kerambitan, irigasi Yeh Kajang Kecamatan Baturiti dan daerah irigasi Selabih, di Kecamatan Selemadeg Barat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Tabanan I Made Dedy Darmasaputra menegaskan saat ini proses perbaikan masih dalam pengadaan. Yang jelas lima titik saluran irigasi bakal dikerjakan tahun 2024. 

"Anggaran perbaikan ini menggunakan APBD. Tiap titik anggaran perbaikan berbeda-beda mulai dari Rp 150 juta hingga Rp 200 juta. Perbaikan irigasi ini masih pada saluran irigas yang skalanya kecil-kecil," jelasnya, Selasa (4/6). 

Disebutkan, beberapa pertimbangan saluran irigasi di lima titik dilakukan. Mulai dari karena kerusakan akibat bencana, ada pula karena rusak sendiri sehingga membuat debit air ke persawahan kecil. "Sifatnya memang segera perlu penanganan," aku Dedy. 

Dia berharap dengan adanya perbaikan irigasi ini l dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem irigasi pertanian serta mendukung produktivitas pertanian.  Salah satunya disaat musim hujan air terkelola dengan baik, tidak sampai keluar meluber. Begitu pula saat musim kemarau air tidak terbuang percuma. 

"Perbaikan jaringan irigasi pertanian di lima titik ini sebenarnya lebih kepada kontinuitas air. Untuk memungkinkan petani agar bisa mengatur pola tanam mereka," tandasnya.7des

Komentar